Senin , 14 Oktober 2019
Home / Pemilu / Nama Baru Calon Pendamping Mian 

Nama Baru Calon Pendamping Mian 

ARGA MAKMUR – Geliat persiapan Pilkada Bengkulu Utara (BU) 2020 sudah mulai muncul di BU. Kini masing-masing parpol sudah mulai mencari siapa yang akan diusung sekaligus memprediksi siapa saja calon yang akan muncul tahun depan.

PDI-P sebagai partai pemenang pemilu legislatif dan saat ini memiliki 6 kursi DPRD tentunya menjadi perhitungan. Namun bisa dipastikan PDI-P hanya butuh mencari Cawabup lantaran sudah bisab dipastikan Bupati Incumbent Ir. Mian yang juga ketua PDI-P BU akan maju kembali.

Saat ini sudah ada bakal calon yang menyatakan kesiapannya untuk maju. Arie Septia Adinata ketua DPC NasDem, Buyung Satria Sekretaris DPD Golkar BU sudah terang-terangan mengikuti seleksi pencalonan di PDI-P.

Partai lain yang juga mendaftar dari PDI-P adalah PAN. Namun muncul beberapa nama dari PAN yang berpeluang maju. Selain Ketua DPC Yennita Fitriani atau Bunda, muncul nama pengurus PAN Provinsi Bengkulu yang juga sosok muda Rama Eka Putra.

Wakil Ketua Penjaringan PDI-P Syafrianto Daud menuturkan saat ini dalam penjaringan hanya ada tiga nama yang muncul yaitu Arie, Buyung dan satu kader PAN. Hanya saya Buyung dan PAN belum mengembalikan berkas.

“Yang secara terang terangan-terangan mendaftar sebagai cabup adalah Bapak Ir. Mian yang juga ketua DPC. Sedangkan Arie menyerahkan pada mekanisme PDI-P dan Pak Buyung mendaftar sebagai Balon Bup,” terangya.

Sebagai partai pemegang kursi terbanyak DPRD dan pemenang Pilleg di BU, ia menegaskan jika Cabup yang diusung haruslah kader PDI-P. Namun meski bisa maju tanpa berkoalisi dengan 6 kursi DPRD yang ada, namun PDI-P tetap mengiginkan dukungan partai lain dalam bentuk koalisi.

“Kita mengiginkan adanya koalisi, karena dukungan partai juga snagat menentukan dalam perolehan suara,” katanya.

Sementara Sekretaris NasDem Daryono mengakui ada banyak kader yang berpeluang maju. Namun di PDI-P hanya satu nama yang didaftarkan yaitu Arie sebagai Ketua DPC NasDem. Arie mempersilakan PDI-P menetukan posisi mana yang layak untuk Arie. “Tentunya dalam seleksi lanjutan PDI-P akan ada pertimbangan,” katanya.

Hal menarik disampaikan oleh juru bicara Gerindra BU Leo Kapisa. Meskipun nama Ketua DPC Gerindra BU Herliyanto sempat disebutkan akan maju, Gerindra siap memberikan kejutan dengan adanya Cabup asli BU yang selama ini sukses di Jakarta dan menjadi pengurus DPP Gerindra.

“Sejauh ini memang Pak Ketua (Herliyanto, red) yang paling berpeluang. Namun saat ini ada peluang kader Gerindra dari DPP yang akan maju di BU dan memang orang asli BU,” tegasnya.

Ia masih merahasiakan siapa kader yang disebut berpeluang tersebut. Saat ini Internal Gerindra masih melakukan berbagai pembicaraa hingga masa pendaftaran. Namun ia memastikan Gerindra akan mengusung Cabup internal kader dalam Pilbup tahun depan. “Yang jelas kita akan mengusung calon, dan calon yang kita usung adalah kader Gerindra,” tegas Leo.

Melihat komposisi tersebut, bukan tak mungkin dalam pilkada tahun  depan hanya akan diikuti dua pasang  calon. Apalagi belakangan sudah beradar nama-nama partai yang ada berkoalisi dalam Pilbup mendatang.

Belakangan memang menguat informasi jika Mian – Arie akan kembali maju berpasangan yang berarti menguatkan koalisi utama PDI-P dan NasDem sebanyak 9 kursi. Sedangkan Gerindra yang sudah menyatakan akan mengusung cabup harus mencari tambahan dua kursi lagi untuk memenuhi syarat 20 persen kursi parlemen atau 6 kursi.(qia)

Berita Lainnya

Badan Pengawas Pemilu Siap Hadapi Gugatan

SELUMA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma, Yefrizal, SE mengatakan pihaknya sudah siap menghadapi ...

error: Content is protected !!