Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Lebong / Ajak Desa Bentuk Satgas Penanggulangan dan Pencegahan Kekerasan  Perempuan dan Anak

Ajak Desa Bentuk Satgas Penanggulangan dan Pencegahan Kekerasan  Perempuan dan Anak

PELABAI – Dari 93 desa dan 11 kelurahan di Kabupaten Lebong, belum sampai 30 persen yang sudah memenuhi kewajiban membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan dan Pencegahan Kekerasan  Perempuan dan Anak (PPKPA). Padahal sejak tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong sudah menargetkan paling tidak 50 persen desa dan kelurahan sudah membentuk Satgas PPKPA.
Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kabupaten Lebong, Drs. Firdaus, tujuan pembentukan Satgas PPKPA di desa dan kelurahan tidak lain untuk memaksimalkan kinerja Satgas PPKPA Kabupaten Lebong dalam mengantisipasi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Termasuk memberikan perlindungan kepada para korbannya. ‘’Makanya desa dan kelurahan sangat ditekankan mendirikan satgas anak,’’ kata Firdaus.
Satgas PPKPA itu sendiri meliputi unsur pemerintah desa, aktivis perempuan dan anak yang ada di desa serta anggota Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabin Kamtibmas) dari masing-masing Polsek yang menaungi wilayah desa bersangkutan. Satgas PPKPA tingkat desa itu perlu dibentuk sebagai penunjang kinerja Satgas PPKPA Kabupaten dan Satgas PPKPA tingkat kecamatan. ‘’Satgas yang ada di desa merupakan ujung tombaknya karena berhubungan langsung dengan masyarakat,’’ terang Firdaus.
Diharapnya, masing-masing pemerintah desa dapat menganggarkan dana pembentukan satgas anak di desanya melalui anggaran desa, baik Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahun ini. Terlebih tahun ini anggaran yang dikucurkan ke 93 desa di Lebong mencapai Rp 122,1 miliar. Meliputi DD Rp 78,5 miliar dan ADD Rp 43,6 miliar. ‘’Dengan dana yang sangat besar itu, tentunya mudah bagi Pemdes menganggarkan dana untuk pembentukan dan pembayaran honor Satgas PPKPA di desa,’’ tegas Firdaus. (sca)

Berita Lainnya

Pasangan Kandidat Makin Mengerucut

PELABAI – Sekalipun masalah anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Lebong belum ...

error: Content is protected !!