Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Badan Penanganan Bencana Daerah Pemkab Mukomuko Usulkan Fasilitas Bencana Alam

Badan Penanganan Bencana Daerah Pemkab Mukomuko Usulkan Fasilitas Bencana Alam

MUKOMUKO – Pengusulan berbagai fasilitas penunjang menghadapi bencana alam dilakukan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko. Termasuk untuk penanganan bencana kekeringan akibat musim kemarau.

Usulan bantuan tersebut diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui BPBD Provinsi Bengkulu. Diantara usulan yang diajukan, yakni pengadaan dua unit mobil masing-masin untuk mobil rescue dan mobil tangki air.

BPBD Mukomuko kini baru memiliki satu unit mobil dapur umum dan satu unit mobil serba guna. “Sampai sekarang kita belum memiliki mobil tangki air untuk membantu masyarakat di wilayah yang kena musibah kekeringan akibat kemarau,” kata Kepala Pelaksana BPBD Mukomuko, Syahrizal, SH.

Secara topograpi, jelas Syahrizal, maka Mukomuko termasuk daerah yang landai atau datar. Sehingga daerah ini jarang mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

Meskipun sebagian wilayah terkena dampak kekeringan jika musim kemarau, namun hal itu tidak berlangsung lama. Sebab daerah ini berada di dataran rendah, sehingga air sumur masyarakat masih ada walaupun hanya sedikit.

“Selain itu kalaupun musim kemarau maka masyarakat juga tidak terlalu kesulitan untuk mendapatkan air. Banyaknya aliran sungai,” ujar Syahrizal.

Seperti masyarakat di wilayah Kecamatan Ipuh, yang biasa mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Masih memiliki Sungai Batang Muar untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Begitu juga dengan masyarakat di wilayah yang berada sepanjang bantaran sungai-sungai besar. Diantaranya Sungai Selagan, Sungai Bantal, dan Sungai Manjuto.

“Masih bisa menggunakan air sungai tersebut. Jadi jika dalam kondisi darurat, masyarakat masih bisa memanfaatkan air sungai yang ada,” jelasnya.

Meski begitu pihaknya tetap membutuhkan fasilitas penunjang dalam menghadapi bencana alam. Berupa mobil tangki air untuk memasok air bersih di wilayah yang kekeringan akibat musim kemarau.

Sebab tidak semua wilayah berada dekat dengan bantaran sungai. Sehingga masyarakat yang berada di wilayah yang jauh dari sungai tentu membutuhkan pasokan air bersih.

Selain itu mobil tangki air juga berfungsi untuk memasok air yang dibutuhkan oleh mobil pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api yang membakar rumah, lahan dan hutan.

‘’Kita harapkan usulan kita ini setidaknya dapat direaliasasikan dari pusat di 2020 ini. Karena kita memang butuh sarana seperti itu,” demikian Syahrizal.(hue)

Berita Lainnya

Perbaikan Atap SPBU Diserahkan Ke BUMD

MUKOMUKO – Ambruknya konstruksi atap SPBU Air Punggur itu menyebabkan aktivitas SPBU terhenti. SPBU itu ...