Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Probis / Kredit Usaha Rakyat Capai Rp 1 Miliar Lebih

Kredit Usaha Rakyat Capai Rp 1 Miliar Lebih

BENGKULU – Capaian menggembirakan terjadi dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank yang ditunjuk kepada debitur dari kalangan usaha kecil. Capaian ini khusus sampai dengan periode triwulan 3 tahun 2019.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra mengatakan jumlah debitur yang menerima naik sebesar 9,20 persen, sedangkan jumlah nominal kredit naik sebesar 16,10 persen.

Total KUR yang berhasil tersalur pada triwulan ketiga tahun 2018 sebesar Rp 875.244.800. Sementara realisasi KUR sampai periode triwulan 3 tahun 2019 sebesar Rp1.043.200.000.

Sementara jumlah debitur yang menerima sebanyak 158 debitur. Peningkatan jumlah debitur paling siginifikan, menurut Ismed, terjadi di Kabupaten Rejang Lebong, disusul Kabupaten Bengkulu Utara. Khusus untuk Provinsi Bengkulu, terjadi penurunan di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Ia menambahkan tahun 2019 juga untuk penyaluran pembiayaan ultra mikro tidak menunjukkan geliat yang signifikan. Sebab sampai dengan akhir semester pertama (Januari-Juni) 2019, hanya mampu menambah 5 orang nasabah dengan jumlah kredit hanya sebesar Rp 24 juta. “Sebab itu perlu suatu upaya khusus agar pembiayaan ultra mikro lebih gencar diserap ke rakyat,” terangnya.(iks)

Berita Lainnya

OJK Gandeng Bank Indonesia dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan Dongkrak Inklusi

JAKARTA–  Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  membangun kerja sama sinergis bersama Bank Indonesia, kementerian/lembaga terkait serta ...

error: Content is protected !!