Minggu , 8 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Maksimalkan Program Kartu Identitas Anak

Maksimalkan Program Kartu Identitas Anak

CURUP — Sejak digulirkannya program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Rejang Lebong (RL) pada awal tahun lalu, hingga saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten RL sudah mencetak 1.550 KIA. Sedangkan jumlah wajib KIA di Kabupaten RL tercatat mencapai 75 ribu jiwa dan target tahun ini mencapai 20 persen dari jumlah wajib KIA tersebut.

Untuk itulah, diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kabupaten RL Drs. Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Mei Susanti Harahap, SH, MM kepada RB kemarin, mereka menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) Kabupaten RL. Hal ini untuk memaksimalkan pencetakan KIA yang menyasar sekolah dengan sistem kolektif secara bertahap.

Selama ini kita buka penerimaan berkas di Dinas Dukcapil, namun dinilai masih sangat minim yang mau mengurus. Sehingga diambil langkah gandeng Dinas Dikbud melalui sekolah untuk melakukan pengurusan KIA bagi anak didik mereka secara kolektif, dengan harapan pelaksaan program KIA ini bisa lebih maksimal, terang Susan.

Sejauh ini, lanjut Susan, sudah ada dua sekolah yang berjalan dari 7 sekolah yang disurati untuk tingkat SD. Seiring berjalan mereka juga akan melakukan pengurusan KIA secara kolekif untuk tingkat SMP sederajat. Meskipun kita kurang optimis, namun mudah-mudahan dengan langkah ini pembuatan KIA bisa lebih maksimal. Meskipun tidak sampai target 20 persen dari jumlah wajiba KIA, minimal bisa mendekati angka target tersebut, imbuh Susan.(**)

Berita Lainnya

Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Butuh Tambahan Jaksa

CURUP – Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Conny Tonggo Masdelima, SH, MH mengungkapkan, bahwa Kejaksaan ...

error: Content is protected !!