Senin , 14 Oktober 2019
Home / Pemilu / Badan Pengawas Pemilu Siap Hadapi Gugatan

Badan Pengawas Pemilu Siap Hadapi Gugatan

SELUMA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma, Yefrizal, SE mengatakan pihaknya sudah siap menghadapi dan menyelesaikan gugatan saat pencalonan bupati dan wakil bupati yang akan maju dalam Pilkada 2020. Diprediksi akan ada gugatan dari bakal calon bupati dan calon wabup saat pencalonan mendatang.

“Gugatan ini timbul biasanya akibat putusan yang dikeluarkan KPU terkait pencalonan. Jika memang ada nanti, kita siap untuk menfasilitasi dan menanganinya,” kata Yefrizal.

Lanjut Yefizal, jika berkaca dari Pilkada 2015 lalu, ada calon yang melakukan gugatan dimasa pencalonan. Gugatan ini muncul dari cabup yang menempuh jalur independen. “Kalau tahun 2015 lalu, gugatannya akibat dukungan calon independen yang tidak mencukupi setelah dilakukan verifikasi berkas oleh KPU,” ucap Yefrizal.

Untuk itu, tambah Yefrizal, sebagai pengawas jalannya pelaksanaan pilkada, pihaknya selalu siap jika nantinya gugatan itu ada. Namun sebelum menyampaikan gugatan, dia berharap agar penggugat dapat melengkapi semua materi gugatan yang akan disampaikan ke Bawaslu Seluma.

“Berkas gugatan yang masuk akan kita verifikasi. Jika memang layak dan memenuhi unsur baru kita proses. Untuk itu, jika ingin menyampaikan gugatan semua harus lengkap baik bukti atau alat pendukung lainnya,” sampai Yefrizal.

Untuk Pilbup Seluma saat ini sudah mulai penjaringan di partai politik yang telah membuka pendaftaran. Sejumlah nama sudah mendaftarkan diri ke parpol, untuk mendapatkan perahu parpol yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar sebagai peserta Pilbup Seluma 2020.(aba)

Berita Lainnya

Pastikan Maju Pilgub, Izda Putra Ikut Penjaringan PDI Perjuangan

BENGKULU– Hari terakhir pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ...

error: Content is protected !!