Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Panggil Seluruh Pemerintah Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Panggil Seluruh Pemerintah Desa

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mukomuko memanggil seluruh pemerintah desa (Pemdes) untuk dilakukan pendampingan dalam menyiapkan laporan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama dan kedua.

Pemanggilan ini agar Pemdes segera dapat pengajuan penyaluran DD tahap ketiga, yang tersisa 40 persen lagi.

“Dalam menghitung persentase masih terjadi kesalahpahaman yang dilakukan desa. Jadi masih harus ada perbaikan terkait laporan realisasi penggunaan DD. Ini yang masih kami tangani bersama desa,” kata Kepala DPMD Mukomuko, Gianto, SH, M.Si.

Pemanggilan itu dilakukan mulai kemarin secara bertahap. Pendampingan pelaporan DD yang dilakukan itu, setelah ia menemukan laporan realisasi penggunaan DD untuk pengajuan penyaluran tahap ketiga yang sudah mencapai 75 persen. Namun laporannya ditolak saat masuk dalam aplikasi pemerintah pusat.

Dengan adanya penolakan sistem aplikasi itu, secara otomatis pemerintah pusat saat ini belum melihat bahwa desa sudah mampu menyerap anggaran fisik dan nonfisik mencapai 75 persen.

“Pemerintah pusat melihat realisasi penggunaan DD tahap pertama dan kedua tahun ini secara keseluruhan. Bukan hanya penggunana untuk pekerjaan pembangunan fisik saja,” terang Gianto.

Untuk diketahui, tahun 2019 ini pemerintah pusat mengalokasikan penyaluran DD dengan total sebesar Rp 124 miliar untuk 148 desa di Kabupaten Mukomuko. Jumlah itu lebih banyak ketimbang alokasi untuk tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 106 miliar.

“Jumlah alokasi DD untuk Kabupaten Mukomuko tahun depan tidak berkurang. Begitu juga proses usulan pencairan DD tahap ketiga segera bisa direalisasikan,” demikian Gianto.(hue)

Berita Lainnya

Mabes Polri Hibahkan Lahan Bekas Mapolsek

MUKOMUKO – Tuntas sudah tukar guling lahan eks Mapolsek Mukomuko Utara, dari Mabes Kepolisian Republik ...

error: Content is protected !!