Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Pemda Kabupaten Rejang Lebong Imbau Masyarakat, Jangan Pasung Orang Dengan Gangguan Jiwa

Pemda Kabupaten Rejang Lebong Imbau Masyarakat, Jangan Pasung Orang Dengan Gangguan Jiwa

CURUP – Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong (RL) hingga saat ini terus membantu upaya penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di kabupaten RL. Ini dilakukan gunan meminimalisir terjadinya aksi pemasungan yang kerap dialami ODGJ. Seperti yang disampaikan Kepala Dinsos Kabupaten RL Zulfan Effendi, SE, MM kepada RB.

Zulfan mengimbau, agar masyarakat segera melapor jika memang memiliki keluarga yang menderita ODGJ. Agar bisa segera dilakukan penanganan dan difasilitasi mendapatkan pelayanan di RSJO secara gratis. Yaitu dengan diuruskan karu BPJS kesehatan khusus ODGJ untuk mendapatkan perawatan dan pelayana gratis.

‘’Penderita ODGJ masuk dalam kelompok penyandang disabilitas mental dan alhamdulillah di Kabupaten RL hampir keseluruhan sudah memiliki kartu BPJS kesehatan atau KIS khusus ODGJ. Namun memang masih ada kemungkinan yang belum terdata dan belum mendapatkan pelayanan saat ini. Makanya kita imbau kepada masyarakat untuk melapor jika memiliki keluarga yang menderita ODGJ, agar bisa dibantu,’’ terang Zulfan.

Saat ini, tambah Zulfan, mereka masih melakukan upaya penanganan terhadap satu orang penderita ODGJ untuk mendapatkan perawatan dan pelayanan di RSJKO Bengkulu. ‘’Ada satu lagi yang masih kita urus dan proses berkasnya untuk dibantu dan dibawa ke Bengkulu. Sedangkan selama ini sudah ada 27 ODGJ yang kita bantu dan masih dalam proses penanganan penyembuhan,’’ imbuh Zulfan.(dtk)

Berita Lainnya

Pelatihan Dasar Tingkatkan Kualitas SDM ASN

CURUP –Bupati RL Dr. H, Ahmad Hijazi, SH, M.Si kemarin menghadiri kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) ...

error: Content is protected !!