Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Lebong / Rumah Tepian Sungai Dicat Pelangi

Rumah Tepian Sungai Dicat Pelangi

PELABAI – Guna mempercantik perwajahan Bumi Swarang Patang Stumang, tahun 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong berencana mengecat perumahan warga di sepanjang bantaran sungai dengan warna pelangi. Teknis pelaksanaannya akan dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub). ‘’Kami sudah koordinasikan agar dananya diusulkan dalam RAPBD 2020,’’ ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Namun sebelumnya, Dinas PUPRHub diminta terlebih dahulu melakukan pendataan guna memastikan jumlah rumah yang ada di sepanjang bantaran sungai di Kabupaten Lebong. Khususnya perumahan di sepanjang aliran Sungai Kotok yang membelah sebagian kawasan perkotaan Kabupaten Lebong. ‘’Mudah-mudahan saja pos dananya bisa dianggarkan sehingga wajah perkotaan di Kabupaten Lebong semakin cantik,’’ ungkap Eddy.

Diakuinya, Pemkab Lebong telah lebih dulu mempercantik wajah perkotaan di Kabupaten Lebong dengan mengecat 3 jembatan dengan warga pelangi. Yakni jembatan gantung di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara, jembatan di Desa Payea Embik, Kecamatan Amen dan jembatan di Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan. ‘’Pengecatan jembatan itu dianggarkan dari dana pemeliharaan jalan dan jembatan APBD Lebong tahun 2017,’’ terang Eddy.

Tujuan pengecatan jembatan dan rumah di sepanjang aliran sungai itu tidak hanya sebatas memanjakan mata. Tetapi juga sebagai ajang promosi kepada masyarakat luar untuk lebih mengenal keragaman dan keelokan budaya yang ada di Kabupaten Lebong. Dengan status Lebong yang ditunjuk sebagai tuan rumah festival sungai dan danau dalam rangka Visit 2020 Bengkulu Wonderful, warna pelangi jembatan dan perumahan diharap dapat menunjang agenda Provinsi Bengkulu tahun 2020. ‘’Yang jelas kami masih menunggu tindak lanjut dari Dinas PUPRHub,’’ tutup Eddy. (sca)

Berita Lainnya

Pasangan Kandidat Makin Mengerucut

PELABAI – Sekalipun masalah anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Lebong belum ...

error: Content is protected !!