Senin , 14 Oktober 2019
Home / Borgol / Tipu Konsumen, Sales Motor Ditangkap

Tipu Konsumen, Sales Motor Ditangkap

AMANKAN : Polsek Gading Cempaka berhasil mengamankan Seorang sales sepeda motor Chandra Diansyah (33) yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan, Senin (7/10).

BENGKULU – Seorang sales sepeda motor Chandra Diansyah (33) warga Desa Air Lakok Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara diamankan Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Gading Cempaka pada Senin (7/10) sekira pukul 10.30 WIB. Pria yang diketahui bekerja sebagai sales motor di Dealer Daya Motor ini ditangkap karena diduga sebagai pelaku tindak pidana penipuan atau penggelapan terhadap beberapa konsumennya. Penangkapan ini berawal dari laporan salah satu korbannya yakni Meli Herlina(40) seorang PNS yang tinggal di Jalan Hibrida RT. 9 RW. 02 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar pada Jumat (01/02) lalu sekira pukul 14.30.

Kapolsek Gading Cempaka, AKP Chusnul Qomar, SH, SIK mengatakan bahwa saat itu pelaku mengaku sebagai karyawan dealer Daya Motor dan bisa memfasilitasi pembelian sepeda motor. Tertarik, korban akhirnya berminat untuk membeli sepeda motor Honda Scoopy dan pada saat itu pelaku meminta biaya panjar sebesar Rp. 4 juta dengan dua kali pelunasan yakni Rp 3 juta pada tanggal 6 Januari dan Rp 1 juta pada tanggal 1 Februari. Namun, setelah uang panjar tersebut di berikan korban kepada pelaku pada bulan Februari lalu, hinggasaat ini sepeda motor yang dijanjikan oleh pelaku tidak kunjung diberikan kepada korban. Akibat kejadian tersebut korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Gading Cempaka untuk ditindak lanjuti. Berawal laporan tersebut, akhirnya pelaku berhasil diamankan di Jalan Sumatera karena pelaku tidak berada dirumahnya pada Senin (7/10) pagi.

“Ya benar, dia ini ngakunya karyawan di dealer motor, namun saat korban sudah memberikan DP ternyata barangnya tidak kunjung ada,”ujar Chusnul.

Chusnul menambahkan, uang tersebut sudah digunakan oleh pelaku sebagai uang panjar konsumen lainnya. Pelaku mengakui bahwa memang dirinya menggunakan uang tersebut untuk keperluan sehari-hari dan menutupi uang panjar konsumen sebelumnya. Chusnul mengakui bahwa saat ini pelaku sudah ditahan di Mapolsek Gading Cempaka untuk pengembangan lebih lanjut. Diduga jumlah korban penipuan dan penggelapan ini cukup banyak karena saat ini sudah ada dua korban yang mengaku. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan pasal berlapis yakni pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP.

“Setelah ketahuan, pelaku ini langsung dipecat oleh kantornya, dari pengakuan pelaku, uang tersebut digunakan untuk sehari-hari dan menutup panjar konsumen lainnya, ini dia gali lobang tutup lobang, gitu sistemnya,”tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

Foto Diedit Setengah Telanjang, Honorer Lapor Polda

BENGKULU – Seorang wanita berinisial M, warga Kecamatan Gading Cempaka melapor ke Polda Bengkulu dalam ...

error: Content is protected !!