Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 5 Pelaku Pembakaran di PT. PPA Diringkus, Satu Kabur

5 Pelaku Pembakaran di PT. PPA Diringkus, Satu Kabur

DEMO RUSUH: Lima warga ditangkap polisi terkait pembakaran fasilitas kerja PT. PPA. (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Polres BU masih memburu satu pelaku yang diduga melakukan pembakaran pada aksi demo di PT. Peu Putra Agung (PPA) Desa Lubuk Gading, Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP) dua minggu lalu. Pelaku diperkirakan sudah keluar dari desa karena mengetahui diburu polisi.

Sementara lima pelaku sudah ditahan yakni BR, DA, ES, Mh dan JS. Kelimanya memiliki peran masing-masing mulai dari membakar ban bekas yang ada di garasi hingga api membesar, dan ada yang memerintahkan membakar dan menghalangi karyawan perusahaan untuk memadamkan api.

BR salah satu pelaku mengaku spontan membakar barang milik perusahaan tersebut. Saat itu mereka datang dan mendapati pimpinan perusahaan, Haryanto belum ada di tempat. Mereka juga mengaku pembakaran tersebut tidak ada perintah dari orang lain. “Spontan kami lakukan saat terjadi demo, karena pimpinan tidak ada saat kami datang,” terangnya.

Kapolres BU AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskr8im AKP. Jery S Nainggolan, S.IK mengakui polisi masih memburu satu pelaku yang kini buron. Kelima pelaku dijerat dengan pasal berbeda yakni 187 KUHP tentang pembakaran  dan perusakan, 160 KUHP tentang penghasutan dan 170 KUHP tentang perusakan dengan cara bersama-sama.

Pembakaran tersebut terjadi dua minggu lalu. Saat itu warga mendatangi PT. PPA memprotes asap dari aktivitas pembuatan aspal. Namun aksi demo tak berlangsung lama, hanya sekitar 10 menit tiba-tiba kelima pelaku dengan perannya masing-masing melakukan pembakaran hingga perusahaan merugi Rp 2,5 miliar.(qia)

Berita Lainnya

Pendapatan Asli Daerah Galian C dari Dana Desa Capai Rp 1 Miliar

ARGA MAKMUR – Pembangunan yang dilakukan di desa melalui dana desa (DD) juga menambah Pendapatan ...

error: Content is protected !!