Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Belum Lengkap, Ajuan Dana Desa Tahap III Ditolak

Belum Lengkap, Ajuan Dana Desa Tahap III Ditolak

DITATAR: Dinas PMD memanggil Pemdes, membantu penyusunan dan penyelesaian laporan penggunaan DD yang sudah dicairkan desa, Selasa (8/10). (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Ajuan pencairan dana desa (DD) tahap III untuk 80 desa ditolak oleh sistem aplikasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Lantaran laporan yang disampaikan pemerintah desa terhadap serapan DD tahap I dan II belum lengkap. Hanya tergambar bahwa realisasi DD dua tahap tersebut belum mencapai 75 persen. Sehingga laporan tersebut perlu perbaikan. Jika tidak diperbaiki, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum mau mentransfer DD tahap III tersebut dari rekening kas umum Negara ke rekening kas umum daerah. Akibatnya tidak bisa disalurkan hingga ke rekening kas desa. “Di Kas Daerah (Kasda), kosong. Karena memang belum masuk dari RKUN ke RKUD,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mukomuko, Gianto, SH, M.Si.

Dan kini, setiap harinya, Pemdes di tiga kecamatan, secara bergiliran, dipanggil ke Dinas PMD Mukomuko. Untuk mengevaluasi penyusunan laporan, menyelesaikan laporan dan lainnya. Agar secepatnya, laporan dari Pemdes, dapat diterima sistem. Supaya secepatnya pula DD dari pusat, ditransfer ke RKUD.

“Sudah 80 desa yang masukkan laporan dan pengajuan tahap ketiga. Sebagian besar laporannya perlu perbaikan. Makanya kita bina. Setiap hari, tiga kita bina langsung di PMD ini. Sehingga tuntas,” kata Gianto.

Pihaknya berharap, minggu ketiga Oktober, sudah ada kemajuan. Setidaknya, seluruh laporan desa, sudah sesuai yang diharapkan. Pasalnya, pencairan DD kali ini, pusat tidak melihat realisasi masing-masing desa. Tapi menghitung realisasi 75 persen itu, dari total DD tahap satu dan tahap dua se-Kabupaten Mukomuko yang sudah dicairkan.

“Pertengahan Oktober ini maunya kita bisa tuntas. Makanya diharapkan tenaga admin desa, Kaur Keuangan, bahkan Kadesnya, bisa hadir semuanya. Selesai di PMD, maunya kita, teken dan laporan bisa langsung tuntas,” pungkasnya. (hue)

Berita Lainnya

2020, Rumah Adat Bakal Dibangun

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko berencana membangun rumah adat Kabupaten Mukomuko, di tahun 2020 mendatang. Pembangunannya ...

error: Content is protected !!