Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Belum Miliki Izin Operasional

Belum Miliki Izin Operasional

MUKOMUKO – Meskipun Pemkab Mukomuko sudah punya fasilitas Metrologi senilai Rp 14 miliar, namun belum bisa digunakan. Karena UPT Metrologi Mukomuko belum memiliki sertifikasi dan izin operasional untuk menggunakan alat metrologi itu dari Kemendag. Sehingga belum diakui secara hukum, untuk setiap hasil tera yang dilakukan. Meskipun Mukomuko sudah mempunyai dua orang PNS, yang sudah punya sertifikasi Metrologi.

Pemkab Mukomuko masih melibatkan Pemda lain, dalam melaksanakan tera ulang. Baik itu untuk tera ulang SPBU, timbangan pasar maupun takaran di pabrik-pabrik. Dalam waktu dekat, tera ulang direncanakan bekerjasama dengan Kantor/Badan Metrologi Painan milik Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Hal ini tidak ditampik oleh Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mukomuko, Nurdiana, SE, MAP. Kondisi itu menurutnya lantaran belum dilantiknya pejabat-pejabat UPTD Metrologi.

“Kita payung hukum pembentukan UPTD Metrologi, sudah selesai. Mulai dari Perbupnya, sampai dengan anjab dan lainnya, sudah semuanya. Tinggal pelantikannya,” kata Nurdiana.

Tahapannya itu, dilantik dulu pejabatnya. Setelah itu, diajukan ke pusat, Dirjen Metrologi Kemendag. Untuk disahkan beroperasinya UPTD Metrologi.  Karena belum ada, maka pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Metrologi Painan. Lantaran mereka sudah punya sertifikasi. Tera ulang akan dilakukan jelang akhir tahun.

“Alat-alat yang digunakan, tetap alat-alat kita semua. Dari Painan itu, kita butuh sertifikasinya,” pungkasnya.

Pemkab Mukomuko sudah menghabiskan dana hingga Rp 1,4 miliar. Khusus untuk pengadaan fasilitas Metrologi. Terdiri Rp 600 juta untuk pengadaan satu unit mobil dan empat unit motor. Kemudian Rp 700 juta, untuk pengadaan alat-alat khusus Metrologi.

Bahkan informasinya, ditahun 2020 mendatang, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal mengucurkan dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan gedung Metrologi, juga mencapai miliaran rupiah.(hue)

Berita Lainnya

Bantuan Ada Prosedurnya

MUKOMUKO – Bupati meminta masyarakat bisa memahami kesulitan Pemkab Mukomuko memberi bantuan terhadap rumah ibadah. ...

error: Content is protected !!