Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Kawasan Perkantoran Wajib Punya Tanaman  

Kawasan Perkantoran Wajib Punya Tanaman  

KOTA MANNA –  Pemkab Bengkulu Selatan (BS) terus melakukan inovasi guna meretas persoalan rawan pangan yang kerap terjadi di Kabupaten BS. Terbaru Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS telah menyiapkan program Obor Pangan Lestari (Opal) untuk dikembangkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan se-Kabupaten BS.

Hal ini dilakukan untuk menyiasati persoalan kerawanan pangan di Kabupaten BS. Oleh sebab itu Dinas Ketahanan Pangan segera menindaklanjuti program dari Kementerian Pertanian di sektor pangan. Opal adalah pemanfaatan lahan pekarangan milik OPD dan kecamatan di Kabupaten BS.

Sebab memanfaatkan lahan perkantoran dengan menanam berbagai komoditas sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral bisa menjadi solusi rawan pangan di Kabupaten BS.  Bahan Dinas Ketahanan Pangan juga telah menyiapkan beberapa instrumen yang memang dibutuhkan untuk pengembangan Opal seperti polybag dan bibit tanaman pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS, Iskandar AZ menegaskan, khusus OPD yang memiliki lahan pekarangan, Dinas Ketahanan Pangan sudah menyiapkan polybag sebagai media tanaman pangan.

“Kita bantu dengan penyiapan p polybag, silakan OPD datang ke kami. Pemanfaatan pekarangan ini juga wajib,” terang Iskandar, Selasa (8/10).

Kabupaten BS hanya memiliki areal pertanian milik masyarakat seluas 15 ribu hektare, tentunya dengan jumlah tersebut belum mampu mengakomodir permintaan jumlah pangan di Kabupaten BS. Dengan adanya program Opal ini diharapkan bisa ikut menunjang kebutuhan pangan di Kabupaten BS.

“Setidaknya ini menjadi contoh untuk dapat dikembangkan di pekarangan rumah-rumah warga,” pungkasnya. (tek)

Berita Lainnya

Program Replanting Sawit

KOTA MANNA – Sosialisasi peremajaan kelapa sawit terus dilakukan oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, ...

error: Content is protected !!