Rabu , 11 Desember 2019
Home / Breaking News / KU-PPAS Kabupaten Seluma, Besar Pasak Daripada Tiang

KU-PPAS Kabupaten Seluma, Besar Pasak Daripada Tiang

 

SELUMA – Usulan belanja dari OPD yang dirangkum dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020 dapat dikatakan besarlah pasak dari pada tiang. Bagaimana tidak total usulan belanja mencapai Rp 975 miliar lebih. Sementara pendapatan asli daerah (PAD) Seluma hanya Rp 937 miliar sehingga defisit anggaran mencapai Rp 30 miliar.

Kekurangan anggaran tersebut disikapi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk kembali melakukan pembahasan bersama DPRD Seluma dalam waktu dekat. Menyesuaikan KUA-PPAS sebelum nantinya disahkan menjadi APBD 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Seluma Drs. Supratman, MM melalui Sekretaris Hariyanto, SE mengatakan berdasarkan KUA-PPAS RAPBD 2020 pengeluaran tersebut meliputi belanja tidak langsung sebesar Rp 639,3 miliar dan belanja langsung Rp 336,9 miliar. ‘’Ya kita akan lakukan pembahasan kembali bersama legislatif. Pengeluaran harus sebanding dengan pemasukan,’’ ujar Hariyanto.

Belanja berdasarkan usulan OPD hingga kecamatan dan kelurahan yang melebihi ketersediaan anggaran, dipastikan saat pembahasan RAPBD nanti akan dilakukan pemangkasan. Hanya kegiatan yang dianggap prioritas yang akan dimasukkan dalam APBD tahun 2020 mendatang.

“Jalan satu-satunya ya pemangkasan. Kita akan lihat skala prioritas, yang memang paling dibutuhkan oleh masyarakat itu yang didahulukan (tak dipangkas, red),’’ kata Hariyanto.

Jika nantinya ada item yang dipangkas atau belum dapat diakomodir, OPD sudah seharusnya memaklumi kondisi ini. “Nanti akan kita bahas semua saat rapat bersama tim Banggar DPRD Seluma,’’ sampainya.(aba)

Berita Lainnya

Usut Pembunuhan Mahasiswi Unib, Wina Mardiani, Polisi Periksa 3 Saksi Tambahan

BENGKULU– Pengusutan kasus pembunuhan almarhumah Wina Mardiani (20) mahasiswi semester V Fakultas Ekonomi dan Bisnis, ...

error: Content is protected !!