Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Oknum Warga Bakar Lahan di Bukit Jupi

Oknum Warga Bakar Lahan di Bukit Jupi

KABUT: Wilayah Kecamatan Kepahiang berkabut akibat asap dari hasil pembakaran lahan yang dilakukan masyarakat. (foto: arie/rb)

KEPAHIANG – Warga Kecamatan Kepahiang beberapa hari terakhir mengeluhkan udara yang dipenuhi kabut asap. Hal diduga akibat aktivitas pembakaran lahan yang dilakukan oknum warga yang membuka ladang di kawasan Bukit Jupi.

Bahkan dalam beberapa hari terakhir ini, aktivitas pembakaran lahan dilakukan secara terang-terangan oleh masyarakat, sehingga berdampak pada kualitas udara di wilayah Kepahiang. Agus (46), warga Desa Taba Tebelet, Kecamatan Kepahiang mengatakan aktivitas pembakaran lahan tersebut kerap terlihat di kawasan Bukit Jupi pada sore dan malam hari. Bahkan api dari aktivitas tersebut terlihat hingga dari kawasan perkantoran Pemkab Kepahiang.

“Beberapa hari lalu, pada malam hari apinya tampak besar. Bahkan ada 2 titik yang terbakar. Itu bukan kebakaran hutan, tapi menurut kami sengaja dibakar, karena di kawasan Bukit Jupi sudah banyak kebun-kebun warga,” keluh Agus.

Keluhan serupa juga disampaikan Lubis (47), warga Kelurahan Kutorejo Kecamatan Kepahiang. Ia mengatakan belakangan ini udara di wilayah Kecamatan Kepahiang terlihat berkabut, diduga dampak dari pembakaran lahan perkebunan di Bukit Jupi. “Kepahiang ini memang setiap pagi berkabut, karena dataran tinggi dan cuacanya dingin. Namun kalau siang dan sore hari berkabut, itu bukanlah hal normal. Ternyata ada aktivitas pembakaran lahan di kawasan Bukit Jupi. Untuk itu kami berharap Pemkab Kepahiang dan aparat kepolisian bisa menindaklanjuti keluhan ini,” harap Lubis.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, SH, S.IK ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan segera menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polsek di Kabupaten Kepahiang untuk memantau aktivitas pembukaan lahan perkebunan baru dengan membakar lahan hutan. Ia juga akan menginstruksikan personel Polres untuk melakukan patroli di beberapa kawasan yang rawan terjadi aktivitas pembakaran lahan.

“Ya ada beberapa pengaduan yang masuk kepada kita. Sudah ditindaklanjuti dengan menginstruksikan seluruh jajaran untuk melakukan pengecekan. Ada beberapa titik saat ini sedang kita lakukan pemantauan. Jika terbukti, kita akan tindak tegas pelakunya,” terang Kapolres.(sly)

Berita Lainnya

Desa Bogor Baru Fokus Kembangkan Agrowisata

KEPAHIANG – Tidak memiliki potensi wisata, tak membuat Desa Bogor Baru Kecamatan Kepahiang patah arang ...

error: Content is protected !!