Rabu , 11 Desember 2019
Home / Breaking News / Qori Internasional Tampil di Pembukaan MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Bengkulu

Qori Internasional Tampil di Pembukaan MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Bengkulu

PEMBUKAAN: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Bupati Mukomuko Choirul Huda, Kakanwil Kemenag Provinsi Bustasar, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid, Wawali Dedy Wahyudi, saat pembukaan MTQ tingkat Provinsi Bengkulu tadi malam di Mukomuko. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO– Pembukaan MTQ ke 34 tingkat Provinsi Bengkulu di Kabupaten Mukomuko, Selasa (8/10) malam berlangsung istimewa. Lantunan ayat-ayat suci Alquran dibacakan langsung Qori Internasional, H. Darwin Hasibuan. Ratusan tamu undangan dan peserta acara pembukaan dibuat kagum. Berkali-kali setiap kali di penghujung penghentian bacaan, ketika Qori mengambil nafas, ratusan tamu undangan dan peserta berkali-kali menyambung dengan melafazkan panjang, Allah.

Sebelum itu, menampilkan lantunan ayat-ayat suci Alquran dari Qori terbarik Provinsi Bengkulu Irwan, S.Sos.I, S.Ag. Pembukaan yang dimulai sekitar pukul 20.45 WIB, dihadiri ribuan peserta MTQ dan masyarakat. Diantaranya 386 peserta lomba MTQ dari berbagai kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu, 127 orang official dan 37 orang pelatih.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah hadir langsung membuka MTQ. Turut hadir Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd, Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH, dan Bupati Kepahiang Dr. H. Hidayatullah. Juga hadir Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi, Wakil Bupati Mukomuko Haidir, S.IP, Ketua DPRD Mukomuko M. Ali Saftaini, SE, Direktur Utama Bank Bengkulu H. Agus Salim, SE, ME serta perwakilan dari Pemkab lainnya.

Peresmian pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Bengkulu, ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur dan sejumlah pejabat lainnya. Disertai dengan peletusan berbagai petasan, sehingga membuat langit malam pembukaan menjadi semarak.

Puncak dari kegiatan pembukaan, digelarnya penampilan kafilah-kafilah berbagai kabupaten, drumb band, tarian kolosal yang diperankan oleh ratusan pelajar dari sejumlah SMA di Kabupaten Mukomuko. Juga disertai dengan penampilan paduan suara oleh puluhan siswa-siswi dari sejumlah SMP di Mukomuko.

Rohidin Mersyah mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini, bagian dari mewujudkan Provinsi Bengkulu yang berkemajuan dan religius. Diharapkan, melalui pelaksanaan MTQ kali ini, menghasilkan manusia-manusia yang hebat. Tidak hanya hapal dan memahami Alquran. Tapi juga dapat mengamalkannya.

“Sehingga memberikan dampak yang baik di masyarakat Bengkulu. Makanya, juri dan dewan hakim, laksanakan penilaian yang objektif dan transparan. Nilai betul, sesuai dengan pedoman penilaian yang sudah ditentukan,. Karena mereka nanti mewakili Provinsi Bengkul ke MTQ tingkat nasional” pinta Gubernur. Selain itu, pelaksanaan MTQ, wujud dari Islam Rahmatan Lil’alamin. Dengan adanya aktivitas pameran pembangunan, serta kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat.

“Islam itu tidak hanya bergerak di ritual dan syariat saja. Tapi juga ada kegiatan-kegiatan ekonomi. Ini wujud Islam betul-betul Rahmatan Lil’alaimin,” demikian Gubernur.

Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH dalam sambutannya, gema MTQ tingkat Provinsi Bengkulu di Kabupaten Mukomuko, dapat mewujudkan Provinsi Bengkulu sebagai Provinsi yang maju dan religius. Dan dapat menjadikan masyarakat Provinsi Bengkulu yang selalu merindukan perdamaian dan persatuan. Sehingga Provinsi Bengkulu bisa menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

“Dengan gema MTQ, bisa terus menyatukan kita. Menjunjung toleransi agama, sehingga bisa menjaga minoritas yang lain melalui nilai-nilai keislaman dan ukhuwah Islamiah,” sampai Bupati.

Pelaksanaan MTQ digelar hingga 12 Oktober 2019. Pada penutupan 12 Oktober, akan menampilkan Ustadz Solmed dan hiburan musik Islami, dari group The Suthan Gambus. (hue) 

Berita Lainnya

Kejari Kaur Musnahkan Barang Bukti 20 Perkara Pidum

KOTA BINTUHAN– Kejari Kaur Rabu (11/12) pukul 09.03 WIB melakukan pemusnahan barang bukti  hasil 20 ...

error: Content is protected !!