Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Target 10 Ribu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Target 10 Ribu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Hazairin Masrie

BENTENG –  Kantor Badan Pertanahan Nasional/Agraria Tara Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Benteng, menargetkan tahun 2020 mendatang akan membantu masyarakat untuk pendataan dan legalitas lahan baik itu untuk pemukiman ataupun perkeninan/pertanian melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 10 ribu.

“Karena, tahun ditahun 2019 ini kami berhasil maksimal 5 ribu PTSL,” terang Kepala Kantor BPN/ATR Benteng, Ir.Hazairin Masrie.

Dijelaskannya, dengan pencapaian pelayanan PTSL yang maksimal sebelum akhir tahun 2019 selesai, Hazairin menilai wajar jika target tahun depan ditingkatkan. Apalagi, program PTSL ini merupakan program nasional, untuk mendata dan memberikan perlindungan kepada masyarakat menyangkut legalitas lahan atau tanahnya.

Target PTSL tahun 2019 yang cepat pelaksanaannya, disampaikan Hazairin berkat kerjasama yang baik antar smeua pihak, baik itu dengan Pemkab Benteng, Kecamatan hingga Desa. “Selesai di triwulan ketiga, masih menyisakan triwulan ke empat,” katanya.

Di triwulan ke empat ini, Hazairin mengaku menyiapkan persiapan untuk menyeleksi lagi lahan warga yang sudah diajukan dari pemerintah desa. Untuk tahun depan, pihaknya pasti akan selektif dalam mensertifikatkan lahan. Karena program ini adalah untuk warga di Kabupaten Benteng, tentu mendahulukan warga Benteng sendiri. Untuk informasi mengenai data jelas ini juga siap berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Benteng dan juga pihak pemerintahan desa yang lebih mengetahui lahan milik warganya.

Sementara itu, Kepala Desa Taba Lagan, Oto Komri mengaku beberapa lahan warganya sudah ada yang mendapatkan sertifikat melalui program PTSL. Sekitar 60 lahan warga terakomodir ditahun 2019,” ujar Oto Komri.

Namun, masih ada beberapa lahan warga yang belum disertifikatkan, termasuk miliknya. Komri berharap hal tersebut bisa dibantu melalui program PTSL atau yang lebih dikenal dengan Prona semuanya bisa dibantu mensertifikatkannya. “Sekitar 40 warga siap mengajukan lagi untuk lahan perkebunan ataupun lahan rumah yang belum disertifikatkan,” demikian Oto Komri.(vla)

Berita Lainnya

MTQ Provinsi, Kabupaten Bengkulu Tengah Sabet 8 Juara

BENTENG – Hasil maksimal sudah diperoleh kontingen Kabupaten Benteng, dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat ...

error: Content is protected !!