Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 120 Guru Diklat Penguatan Kepala Sekolah

120 Guru Diklat Penguatan Kepala Sekolah

CURUP – Jika tidak ada kendala, hari ini 120 orang guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah (kepsek) akan mengikuti Pendidikan dan Latihan (diklat) Penguatan Kepsek di Kota Bengkulu. Pesrta dari Kabupaten RL yang tergabung bersama peserta dari Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) ini, akan mengikuti kegiatan diklat hingga 17 Oktober 2019 mendatang.

Dijelaskan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten RL Drs. Noprianto, MM kepada RB, diklat penguatan kepsek tersebut sebagai persyaratan menjabat sebagai kepsek serta untuk meningkatkan kompetensi. Salah satunya syaratnya pada 1 April 2018 sedang menjabat sebagai Kepsek dan usia saat mengikuti Diklat penguatan kepsek tidak lebih dari usia 58 tahun. ‘’Mereka juga, nantinya jika dinyatakan lulus, akan mendapatkan sertifikat NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah, red),’’ terang Nopri.

Nopri juga mengungkapkan, bagi guru yang belum cakep juga harus mengikut Diklat sebagai syarat untuk diangkat menjadi kepala sekolah. Namun nama programnya beda, yaitu Diklat Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) yang biasa setiap tahun dilaksanakan bisa menggunakan APBD murni atau mandiri serta APBN.

‘’Tapi rata-rata pelaksanaannya menggunakan dana dari APBN, karena keterbatasan anggaran di daerah. APBN pun biasanya memiliki kuota terbatas, seperti tahun ini kita tidak dapat kelas termasuk kabupaten kota lainnya di provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk 2018 kita dapat satu kelas atau maksimal 20 orang. Ditambah Kuota tambahan 16 total 36 orang. Kemudian 2017 dapat satu kelas lagi atau 20 orang tanpa kuota tambahan,’’ ungkap Nopri.(dtk)

Berita Lainnya

PAN Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

CURUP – Minggu (13/10) secara resmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanan Nasional (PAN) Kabupaten ...

error: Content is protected !!