Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 806 Ribu M2 Lahan Bakal Diganti Rugi

806 Ribu M2 Lahan Bakal Diganti Rugi

TOL: Bangunan untuk jalur pintu masuk-keluar tol di Kecamatan Talang Empat sudah mulai dikerjakan. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Seluas 806 ribu meter persegi (m2) lahan saat ini sudah diselesaikan pendataan untuk pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau. Hingga saat ini sudah empat desa yang selesai pendataan lahannya meliputi tiga desa di Kecamatan Talang Empat yakni Padang Ulak Tanjung (PUT), Lagan, Jumat, dan Taba Lagan, Kecamatan Semidang Lagan.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional/Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Benteng, Ir. Hazairin Masrie menjelaskan pihaknya hanya sebatas membantu pengukuran ulang lahan yang akan terkena pembangunan jalan tol di Provinsi Bengkulu. “Kami melakukan penguran bersama dengan pihak pelaksana dan pemerintahan mulai dari kecamatan hingga desa,” terangnya.

Dari proses pendataan, juga dihitung jumlah warga yang terkena dampak pembangunan jalan tol. Hingga saat ini sudah ada 185 pemilik lahan dengan jumlah bidang lahan 214 bidang. “Masing-masing pemilik lahan ada yang satu atau dua bidang lahannya,” ujar Hazairin.

Sementara untuk proses penghitungan tanam tumbuh, sudah tercatat sebanyak 186 tanam tumbuh yang ada di lokasi lahan yang akan menjadi jalur jalan tol. Jenis tanam tumbuh antara lain tanaman kelapa sawit, durian dan sebagainya. Intinya, tanam tumbuh yang memang produktif menghasilkan selama ini ditanam pemilik lahan.

Untuk proses lain mengenai nilai ganti rugi, akan dilakukan pihak pelaksana. Adapun besaran ganti rugi tidak akan ditetapkan sepihak. Semua ditetapkan berdasarkan hitungan dari tim Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). Hasil penghitungan KJPP nanti yang akan menjadi dasar untuk penetapan ganti rugi lahan milik warga.

Sekda Benteng, Edy Hermansyah, Ph.D menjelaskan pada prinsipnya pemerintah daerah siap membantu agar pelaksanaan pembangunan jalan tol bisa terlaksana. Apalagi hal ini merupakan program pembangunan nasional terkait peningkatan infrastruktur di seluruh Indonesia. “Termasuk di Provinsi Bengkulu dengan jalurnya melalui Kabupaten Benteng,” jelas Edy.(vla)

Berita Lainnya

MTQ Provinsi, Kabupaten Bengkulu Tengah Sabet 8 Juara

BENTENG – Hasil maksimal sudah diperoleh kontingen Kabupaten Benteng, dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat ...

error: Content is protected !!