Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Antre Lebih Banyak Dibanding Stok E-KTP

Antre Lebih Banyak Dibanding Stok E-KTP

CURUP – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus berupaya memaksimalkan pelayanan terhadap pembuatan dokumen kependudukan. Terutama bagi warga yang baru pertama kali melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP. Apalagi saat ini diketahui jumlah antrean cetak e-KTP khusus warga pemula atau yang pertama kali membuat KTP, lebih banyak dari pada sisa stok blanko yang tersedia saat ini.

Diungkapkan Kadis Dukcapil Kabupaten RL Drs. Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Pendudukan Mei Susanti Harahap, SH, MM kepada RB kemarin. ‘’Benar, saat ini dari data yang kita miliki, jumlah stock blanko dipastikan tidak akan mencukupi. Karena memang tidak sebanding dengan jumlah pendaftar e-KTP khusus untuk pemula atau pertama kali mencetak e-KTP,’’ terang Susan.

Dirincikan Susan, jumlah stock yang sebelum 500 keping diterima dari pusat September 2019 lalu, tersisa 309 keping. Sedangkan daftar antrean warga yang memang belum pernah memiliki KTP sudah mencapai 593 orang. ‘’Jadi kita minta warga yang nantinya belum bisa mencetak, diharapkan bisa bersabar. Karena kondisi ini memang bukan terjadi di daerah kita saja, melainkan hampir diseluruh Indonesia,’’ terang Susan.

Ditambahkan Susan, keterbatasan stock blanko e-KTP disebabkan karena pengadaan atau penyediaannya mutlak dari Pemerintah Pusat. Sehingga pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sifatnya hanya mengajukan permohonan permintaan stock blanko e-KTP. Hal ini berkaitan dengan dengan chips dan elemen data kependudukan.

‘’Sehingga kita sifatnya hanya mengajukan usulan sesuai dengan kebutuhan. Pembatasan stok blanko ini berlaku untuk seluruh wilayah provinsi, kabupaten/kota Seindonesia. Dengan kondisi yang ada saat ini, kita sudah mengajukan kembali untuk penambahan stock blanko e-KTP dan mudah-mudahan secepatnya bisa dipenuhi,’’ imbuh Susan.(dtk)

Berita Lainnya

PAN Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

CURUP – Minggu (13/10) secara resmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanan Nasional (PAN) Kabupaten ...

error: Content is protected !!