Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / “Berebut” Perahu Pilbup

“Berebut” Perahu Pilbup

FORMULIR: Perwakilan Abu Bakar saat menerima Formulir Pendaftaran Cabup dari Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten RL Gustisaf di Sekretariat DPD Partai Golkar RL Rabu (9/10). (foto: wanda/rb)

CURUP – Meskipun saat ini dari 10 partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong (RL) baru ada empat parpol yang mulai melakukan penjaringan. Namun kandidat-kandidat yang dinilai cukup kuat dan berpotensi semakin bermunculan dan secara berani mengambil formulir maupun mendaftar untuk menjadi calon yang diusung pada Pilkada 2020 mendatang.

Adapun Parpol yang sudah resmi membuka proses penjaringan diantaranya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten RL yang saat ini sedang melakukan survey elektabilitas 7 nama yang resmi mendaftar ke partai mereka dan semuanya sebagai cabup. Kemudian DPD Partai Golkar yang saat ini sudah ada 7 nama yang mengambil formulir pendaftaran. Begitu juga dengan DPD Nasdem dan Partai Hanura yang masing-masing sudah ada 5 orang yang mengambil formulir pendaftaran.

Dari empat partai yang sudah membuka pendaftaran tersebut, nama-nama lama yang memang selama ini selalu ikut bersaing dalam bursa cabup maupun cawabup di Pilkada Kabupaten RL sudah muncul. Diantaranya ada nama Fatrolazi yang merupakan mantan anggota dewan Kabupaten RL dan Provinsi Bengkulu dari PDI Perjuangan. Lalu ada nama Syamsul Effendi yang pada Pilkada sebelumnya bersaing bersama Fatrolazi.

Tidak ketinggalan Susilawati istri mantan Bupati RL dua Periode Suherman dan menjadi perempuan pertama yang digadang-gadang bakal ikut bersaing dalam Bursa Pilkada Kabupaten RL 2020 mendatang. Selain itu dirinya juga diketahui merupakan Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten RL.

Nama-nama lain yang meskipun baru tapi memiliki kans kuat untuk maju bahkan menang dalam Pilkada RL 2020 mendatang, yaitu Ketua DPD PAN Kabupaten RL M. Fikri Thobari, SE yang juga diketahui sosok pengusaha muda ini. Berikutnya ada Hendra Wahyudiansyah, SH yang merupakan adik kandung Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten RL sekaligus salah satu putra dari Bupati RL saat ini Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si.

Bahkan kemarin, juga muncul nama Abu Bakar yang merupakan Mantan Ketua DPRD Kabupaten RL. Rabu (9/10) melalui perwakilannya, Abu Bakar mendatangi tiga sekretariat Parpol secara bertahap. Masing-masing DPD Partai Nasdem, DPD Partai Golkar dan DPC Partai Hanura Kabupaten RL mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

‘’Benar, sampai hari ini sudah ada tujuh orang yang mengambil formulir pendaftaran. Apakah nanti mendaftar sebagai Cabup atau Cawabup itu bisa dilihat saat pengembalian formulir. Dan barusa (kemarin, red) perwakilan dari Abu Bakar sudah mengambil formulir pendaftaran,’’ ungkap Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten RL Gustisaf kemarin kepada RB.

Diungkap Gustisaf, Parpol mereka menegaskan, kalau tidak akan ada pembedaan antara kader maupun non kader. Karena memang mereka memiliki mekanisme di parpol untuk proses penjaringan. ‘’Kita punya juklak dan juknis dalam penjaringan. Untuk penentuan tetap oleh DPP dan kita sifatnya hanya menjaring calon. Jadi sekali lagi kita tegaskan, tidak akan ada pembedaan antara kader maupun non kader,’’ imbuh Gustisaf.

Terpisah, Panitia Penjaringan DPD Partai Nasdem Kabupaten RL Januardi yang ditemui di Kantor DPD Partai Nasdem Kabupaten RL kemarin mengungkapkan, sudah ada lima orang yang mengambil formulir pendaftaran. ‘’Sampai saat ini sudah ada lima orang yang mengambil formulir dan besok juga sudah ada yang mengkonfirmasi akan mengambil formulir pendaftaran,’’ singkat Januardi.(dtk)

Berita Lainnya

PAN Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

CURUP – Minggu (13/10) secara resmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanan Nasional (PAN) Kabupaten ...

error: Content is protected !!