Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Calon Jamaah Haji Meninggal Bisa Digantikan Keluarga

Calon Jamaah Haji Meninggal Bisa Digantikan Keluarga

SIPUAN

BENTENG – Jika ada Calon Jamaah Haji (CJH) yang sebelum keberangkatan pada saat mulai masuk dalam pendaftaran di Kementerian Agama (Kemenag) meninggal dunia, bisa digantikan. Namun, untuk penggantinya diutamakan dari pihak keluarga terdekat terlebih dahulu. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Kantor Kemenag Benteng, H.Sipuan Miniarti, MH.

“Bisa anak, saudara dan saudara dekat lainnya,” terang Sipuan.

Untuk saat ini, hal tersebut memang belum ditemukan kejadiannya. Namun, menurut Sipuan, hal itu perlu disampaikan kepada masyarakat. Jika memang tidak ada lagi keluarga terdekat yang akan atau bisa menggantikan,  maka baru bisa digantikan oleh daftar calon jamaah yang sudah menunggu berikutnya.

Untuk saat ini, jumlah daftar tunggu CJH berdasarkan urutan di Kantor Kemenag Benteng sudah mencapai 1.300 orang lebih. Berdasarkan kuota saat ini, sudah mencapai 117 orang CJH per tahun, maka untuk CJH yang baru mendaftar sekarang baru bisa berangkat 13 tahun ke depan.

Setiap hari, jumlah pendaftar CJH terus bertambah. Hal ini dikarenakan pendaftaran CJH di Kabupaten Benteng sudah tiga tahun terakhir dikelola melalui Sistem Komputerisasi Haji (Siskohat) sendiri. Sebelumnya, CJH Benteng masih menginduk dan bergabung bersama CJH asal Kabupaten BU.(vla)

Berita Lainnya

MTQ Provinsi, Kabupaten Bengkulu Tengah Sabet 8 Juara

BENTENG – Hasil maksimal sudah diperoleh kontingen Kabupaten Benteng, dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat ...

error: Content is protected !!