Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Dijanjikan Jadi CPNS, Sekdes Tertipu Rp 10 Juta

Dijanjikan Jadi CPNS, Sekdes Tertipu Rp 10 Juta

Deddy Nata

KOTA MANNA – Pencatutan nama pejabat di lingkungan Pemakb Bengkulu Selatan (BS), kembali terjadi. Kali ini dialami Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), H. Minarman, SH.

Dari ulah oknum yang tak bertanggungjawab itu, mengakibatkan Sekdes Padang Manis, Kecamatan Manna, Muldani menjadi korban penipuan. Yakni korban mengalami kerugian sebesar Rp 10 juta. Uang tersebut disetor kepada oknum yang mengatasnamakan kepala BKPSDM BS.

Berawal dari informasi rencana pembukaan tes CPNS di Provinsi Bengkulu, diduga jadi pintu masuk bagi pelaku kejahatan dengan modus mencatut nama pejabat eselon II di Kabupaten BS.

Bahkan dalam melancarkan aksinya, pelaku sangat leluasa menghubungi perangkat desa via telepon selluler dengan alibi bisa meloloskan sekdes menjadi CPNS. Namun dengan sayarat Sekdes harus menyetor uang tunai kepada pelaku.

Kronologis pencatutan nama ini berawal korban dihubungi pelaku mengatasnamakan Kepala BKPSDM dan menawarkan kepada korban untuk menjadi CPNS. Namun dengan syarat harus menyetorkan uang sebesar Rp 20 juta. Tapi saat dinego oleh korban, permintaan pelaku turun menjadi Rp 17 juta dan korban menyanggupi hal tersebut.

Merasa senang dengan iming-iming tersebut, korban sanggupi permintaan pelaku. Tetapi setelah transfer pertama dilakukan korban baru menyadari bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan. Karena merasa jadi korban penipuan, korban melaporkan kejadian ini ke Mapolres BS.

Kapolres BS AKBP. Deddy Nata, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP. Rahmat Hadi Fitrianto, SH, S.IK membenarkan laporan korban sudah diterima. Ia juga meminta agar masyarakat di Kabupaten BS berhati-hati dengan modus CPNS.

“Korban sudah melapor. Selanjutnya untuk saksi-saksi masih dipintai keterangannya. Ini untuk mengembangkan kasus ini,” ujar Kasat Reskrim.

Sementara Kepala BKPSDM BS dikonfirmasi RB sedang tidak berada di Kabupaten BS karena masih ada urusan kedinasan di luar daerah. (tek)

Berita Lainnya

Tanamkan Cinta Tanah Air

ULU MANNA – Selain bekerja membangun desa, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Keban ...

error: Content is protected !!