Rabu , 11 Desember 2019
Home / Borgol / Hasil Operasi Musang Nala 15 Anak Terlibat Kejahatan

Hasil Operasi Musang Nala 15 Anak Terlibat Kejahatan

RELEASE: Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs. Supratman memaparkan hasil operasi Musang Nala II di halaman Mapolres Bengkulu, Rabu (9/10). (foto : ist/rb)

BENGKULU – Sungguh memprihatinkan. Ternyata tidak sedikit anak dibawah umur terlibat kejahatan konvensional, yakni pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Malah diduga ada anak dibawah umur terlibat pencurian disertai kekerasan (curas). Sebagaimana hasil Operasi Musang Nala II yang digelar Polda Bengkulu dan Polres jajaran dari 16-30 September lalu, berhasil menggungkap 85 kasus 3C (curat, curas dan curanmor) dan menangkap 108 tersangka. Dari jumlah tersebut 15 tersangka diantaranya merupakan anak bawah umur.

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Supratman dalam release hasil Operasi Musang Nala II di halaman Mapolres Bengkulu, kemarin (9/10) pagi menjelaskan operasi ini digelar Polda Bengkulu dan Polres jajaran khusus menanggulangi tindak kejahatan 3C. ‘’Kita berhasil menangkap 108 tersangka dari 85 kasus curat, curas, dan curanmor. Dari 108 tersangka, 15 orang diantaranya anak-anak (anak dibawah umur, red)  tersebut kita berhasil mendapatkan barang bukti 1 unit mobil, 39 unit motor, barang elektronik 51 unit dan uang Rp 738.000 dan yang lain lain ada juga,’’ jelas Kapolda.

Terkait adanya tersangka dari kalangan anak dibawah umur, Kapolda menyatakan rasa prihatin yang sangat atas kenyataan ini. ‘’ Saya turut prihatin adanya 15 anak-anak terlibat kejahatan. Meskipun demikian, proses hukumnya tetap dilanjutkan sesuai ketentuan hukum yang ada,’’ kata jenderal bintang satu putra Bengkulu ini.

Kapolda merincikan 108 tersangka dari 85 kasus tersebut, 11 kasus diantaranya hasil pengungkapan Dit Reskrimum Polda yang juga mengamankan tiga tersangka. Polres Bengkulu berhasil menangkap 56 orang tersangka dari 38 kasus. Polres Bengkulu Utara menangkap sembilan tersangka dari sembilan kasus.

Berikutnya Polres Bengkulu Selatan menangkap 10 tersangka dari tujuh kasus. Polres Rejang Lebong berhasil menangkap empat tersangka dari tiga kasus. Polres Kepahiang menangkap lima tersangka dari dua kasus. Polres Lebong menangkap empat tersangka dari tiga kasus. Polres Seluma menangkap empat tersangka dari empat kasus. Polres Kaur berhasil menangkap sembilan tersangka dari enam kasus,. Polres Mukomuko berhasil menangkap lima orang dari dua kasus.

Dari Operasi Musang Nala II ini jumlah kasus dan tersangka yang mengalami peningkatan dibandingkan hasil Operasi Musang Nala I. Itu kata Kapolda disebabkan beberapa faktor. Pertama karena adanya kegiatan operasi musang ini, jadi seluruh personel kepolisian memaksimalkan seluruh kemampuan untuk mencari sasaran dan pengungkapan kasus 3C.

Kedua, peningkatan ini terjadi karena dari masyarakat yang menjadi korban disebabkan kelalaian mereka juga yang selalu mengangap sepele tentang keamanan kendaraan mereka sendiri. ‘’Sebagai contoh kunci kontak sepeda motornya sudah rusak tetapi tidak diperbaiki itu sama saja kita memberi kendaraan kita kepada pelaku pencurian,’’ tegasnya.

Kapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama untuk antisipasi dan waspada kepada barang kita seperti motor, mobil, elektronik dan barang barang yang lainnya.(cw2)

Berita Lainnya

Usut Pembunuhan Mahasiswi Unib, Wina Mardiani, Polisi Periksa 3 Saksi Tambahan

BENGKULU– Pengusutan kasus pembunuhan almarhumah Wina Mardiani (20) mahasiswi semester V Fakultas Ekonomi dan Bisnis, ...

error: Content is protected !!