Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Jalankan Program Kelompok Usaha Bersama, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Jemput Bola

Jalankan Program Kelompok Usaha Bersama, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Jemput Bola

KOTA MANNA – Guna menekan angka kemiskinan di Kabupten Bengkulu Selatan (BS),  Pemkab BS relah jemput bola guna jalankan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Jadi, tahun 2019 ini ada 50  kelompok masyarakat dapat bantuan Kube Perdesaan dari Kemensos RI.

‘’Kelompok usaha yang terima bantuan modal itu masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 20 juta per kelompok,’’ kata Sekretaris Dinas Sosial BS, Lesmi Despita Sari.

Dijelaskan Lesmi, penguatan modal itu tak lain untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa lewat program pemberdayaan keluarga miskin. Untuk kondisi kini pelaku usaha kecil di pedesaan wilayah  Kabupaten BS tumbuh pesat. Tapi rata-rata mereka ini terkendala modal pengembangan usaha.

‘’Kami berharap banyak kelompok usaha yang dapat bantuan KUBE, memanfaatkan dana KUBE untuk peningkatan ekonomi keluarga melalui usaha yang dilakukan,” ujar Lesmi.

Ditambahkannya bantuan tersebut disalurkan di bidang pertanian, peternakan, pembuatan kue, warung gorengan, dan pengilingan kopi bubuk. Untuk wilayah sasaran bantuan yakni Kecamatan Manna, Bunga Mas, Seginim, Air Nipis, dan Pasar Manna.

Program KUBE, untuk mengurangi kemiskinan. supaya para anggota kelompok yang kreatif, meningkatkan pendapatan ekonomi  keluarga. Program bantuan dana KUBE diberikan kepada warga miskin yang miliki ketrampilan, juga usaha dalam skala kecil.

“Kami juga memberi pembinaan administrasi, keuangan dan pengawasan terhadap  kegiatan KUBE. Pasalnya program KUBE bisa mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” jelas Lesmi. (tek)

Berita Lainnya

Tanamkan Cinta Tanah Air

ULU MANNA – Selain bekerja membangun desa, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Keban ...

error: Content is protected !!