Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Lebong / Jembatan Suka Datang Tidak Bisa Diperbaiki

Jembatan Suka Datang Tidak Bisa Diperbaiki

DARURAT: Kondisi jembatan di Desa Suka Datang yang sejak Februari lalu rusak total akibat ambruk, hingga saat ini belum diperbaiki. (foto: aris/rb)

PELABAI – Jembatan penghubung Desa Suka Datang dengan Desa Suka Datang I, Kecamatan Pelabai yang kondisinya rusak sejak Februari, belum bisa diperbaiki tahun ini. Itu karena usulan anggaran yang disampaikan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong dalam APBD Perubahan tahun ini tidak bisa diakomodir.

‘’Yang jelas kami kembali mengusulkan anggarannya dalam RAPBD 2020,’’ kata Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPR-Hub) Lebong, Dodi Irawan, ST.

Tidak dipungkirinya, perbaikan jembatan itu butuh anggaran yang besar. Dalam RAPBD 2020, pihaknya mengusulkan anggaran Rp 2 miliar ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Lebong. Itu karena fisik jembatan, baik panjang maupun lebarnya akan dibangun melebihi volume sebelumnya. ‘’Panjang jembatan sebelumnya sepuluh meter dan lebar tiga meter,’’ jelas Dodi.

Lebih lanjut disampaikannya, pembangunan jembatan Suka Datang berada di urutan ketiga skala prioritas usulan pembangunan Dinas PUPRHub. Diharapnya masyarakat proaktif menggiring usulan anggarannya melalui perwakilan di legislatif. Soalnya sejak tahun 2019, persisnya dalam APBD perubahan sudah diusulkan Dinas PUPRHub ke TAPD. ‘’Namun karena keterbatasan anggaran, usulan kami belum bisa dianggarkan,’’ terang Dodi.

Terpisah, Edwar (42), warga Desa Suka Datang meminta agar Pemkab Lebong segera melakukan perbaikan. Soalnya jembatan itu merupakan satu-satunya penghubung warga desanya menuju Desa Suka Datang I. Sementara banyak warga Desa Suka Datang yang harus beraktivitas ke Desa Suka Datang I. Baik pekerjaan, seperti berladang maupun kebutuhan sekolah bagi anak-anak Desa Suka Datang ke Desa Suka Datang I. ‘’Jembatan darurat yang kami pasang tidak bisa lagi dilewati, sementara banyak petani yang harus mengangkut hasil panen,’’ tukas Edwar.

Pantauan RB, jembatan darurat yang dibangun Pemerintah Desa Suka Datang itu berupa potongan pohon pinang. Namun kondisinya sudah mulai rapuh dan tak bisa dilewati lagi. Bahkan untuk dilewati motor, pengendaranya harus turun agar bebannya berkurang.(sca)

Berita Lainnya

Pasangan Kandidat Makin Mengerucut

PELABAI – Sekalipun masalah anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Lebong belum ...

error: Content is protected !!