Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Kepala Sekolah Adalah Manajer Sekolah

Kepala Sekolah Adalah Manajer Sekolah

BIMTEK: Tampak Kepala Disdikbud Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd sedang menyampaikan sambutan dalam kegiatan Bimtek kepada para kepala SD dan SMP se-Kabupaten Kepahiang, Rabu (9/10). (foto: arie/rb)

KEPAHIANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd mengungkapkan, bahwa jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) saat ini bukan hanya sekadar tugas tambahan guru, melainkan sudah beralih menjadi jabatan manajerial. Hal ini diungkapkannya saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Kepahiang, Rabu (9/10).

Diungkapkan Hartono, dengan adanya Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018, yang mengatur tentang penempatan guru sebagai Kepsek, jabatan Kepsek yang sebelumnya merupakan tugas tambahan guru secara resmi sudah beralih menjadi jabatan manajerial.

“Dengan adanya peraturan ini maka status Kepsek bukan lagi merupakan tugas tambahan, melainkan secara resmi sudah menjadi jabatan yang bergerak dan ditugaskan untuk memanajemen sekolah,” ungkap Hartono.

Hanya saja Hartono mengakui, bahwa saat ini peraturan tersebut belum sepenuhnya bisa diterapkan karena masih membutuhkan proses. Sehingga dalam data kepegawaian, Kepsek tetap bertugas sebagai guru dengan tugas tambahan sebagai Kepsek. Akan tetapi Hartono memastikan jika di tahun 2020 mendatang, peraturan ini secara resmi sudah diterapkan dan tugas tambahan guru ini akan secara otomatis beralih menjadi jabatan manajerial.

“Ada beberapa proses yang harus dilalui. Sehingga ketentuan dan peraturan ini baru akan efektif diberlakukan di tahun 2020 mendatang,” jelasnya.

Sementara, Kasubag Kepegawaian dan Umum Dinas Dikbud Kabupaten Kepahiang, Lia Febriani, SE menerangkan, Bimtek yang melibatkan ratusan kepala SD dan SMP di Kabupaten Kepahiang ini, menghadirkan narasumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Palembang (Sumsel), Purni Jayanti, S.Sos. Ia juga menambahkan jika Bimtek ini bertujuan untuk mengupas Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 yang mengatur tentang penempatan guru sebagai Kepsek.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dengan pembicara langsung dari BKN Palembang  dan BKDPSDM Kabupaten Kepahiang,” singkat Lia. (sly)

Berita Lainnya

Desa Bogor Baru Fokus Kembangkan Agrowisata

KEPAHIANG – Tidak memiliki potensi wisata, tak membuat Desa Bogor Baru Kecamatan Kepahiang patah arang ...

error: Content is protected !!