Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Soal Konflik Lahan SDN 16, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Siap Jika Digugat

Soal Konflik Lahan SDN 16, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Siap Jika Digugat

ARGA MAKMUR – Konflik lahan SDN 16 Arga Makmur atau SD Model masih terus bergulir. Setelah memasang patok dan memasang pagar di lahan seluas 3 hektare, warga yang mengaku sebagai pemilik lahan juga mengancam akan menggugat perdata.

Terkait hal itu, Sekretaris Dinas Pendidikan BU, Bambang Praman Budi, M.Pd mengatakan Pemkab BU siap menjawab jika nantinya ada surat yang dilayangkan oleh kuasa hukum warga. Termausk jika memang ditempuh jalur hukum perdata.

“Kita siap menjawab baik itu secara langsung maupun gugatan. Lahan seluas 8 Ha lebih tersebut milik Pemkab BU,” kata Bambang.

Pemkab BU sudah memegang fotokopi sertifikat yang terbit sejak 2004 lalu. Namun sertifikat asli lahan tersebut hilang sehingga Pemkab BU mengajukan penerbitan ulang sertifikat pengganti.

“Jadi sertifikatnya bukan baru kami buat, tapi meminta terbitkan ulang karena kehilangan. Sertifikatnya sudah ada bahkan sudah ada fotokopi dan nomor sertifikat masih terdata di Kantor BPN,” terang Bambang.

Bambang mengaku tidak masalah terkait pemagaran yang dilakukan warga. Dispendik sudah melapor perusakan pagar yang dilakukan oleh orang yang mengaku pemilik lahan. “Kita juga berterima kasih lantaran meskipun di pagar akses masuk murid SD dan perkantoran tidak terhalang,” pungkas Bambang.

Sementara itu, pengacara tujuh warga yang mengklaim 3 Ha lahan SD Model, Kristiatmo Nugroho, SH menerangkan ia sudah melayangkan keberatan ke Kantor BPN. Keberatannya meminta tidak menerbitkan sertifikat lantaran ada persengketaan lahan. “Kita akan lengkapi dokumen dan kita kirimkan ke BPN. Dokumen yang akan kita kirimkan berupa bukti-bukti kepemilikan lahan masyarakat yang masih sah milik masyarakat dan belum ada penyerahan,” jelas Kris. (qia)

Berita Lainnya

Berkas Audit Dana Desa Inspektorat Bertambah

ARGA MAKMUR – Belum lagi menuntaskan audit Dana Desa (DD) Taba Kelintang, Tanjung Kemenyan dan ...

error: Content is protected !!