Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bengkulu Tengah dan Potensi Cagar Budaya

Bengkulu Tengah dan Potensi Cagar Budaya

CAGAR BUDAYA : Masjid Padang Betuah merupakan salah satu aset untuk wisata sejarah di Kabupaten Bengkulu Tengah. (foto : ist/rb)

BENTENG- Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) diketahui memiliki sejumlah aset wisata cagar budaya. Diantaranya Masjid Padang Betuah yang berlokasi di Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa merupakan salah satu cagar budaya di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Ini aset wisata bersejarah yang menjadi tanggung jawab dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi. Masjid tersebut diketahui berdiri sejak tahun 1823 masehi dan merupakan simbol penyebaran agama Islam di Bengkulu.

“Aset ini bermanfaat ke depan publikasi keberadaan cagar budaya tersebut akan dimaksimalkan dengan publikasi di internet. Diharapkan semakin banyak orang yang mengetahui dan berkunjung,” ungkap Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Benteng, Gunawan Wibisana Rifki, S.STP, MH.

Selain itu, ada juga Benteng Coa Sako di kawasan Hutan Lindung Jalur Liku Sembilan, Kecamatan Taba Penanjung. Benteng Coa Sako. Bila dibandingkan dengan Benteng Malborough, Benteng Coa Sako memang tidak terlalu terkenal. Selain ukurannya yang sangat kecil, Benteng Coa Sako juga berbentuk mirip bunker. Benteng ini terletak di  kilometer 35 jalur Liku Sembilan. Karena ukuran dan lokasinya, maka masyarakat Benteng menamakan Coa Sako.

Coa Sako merupakan bahasa dialeg Rejang. Coa  berarti tidak, sedangkan sako adalah sangka, sehingga arti keseluruhannya kurang lebih tidak disangka.

“Selain itu ada juga kisah Putri Gading Cempaka, yang dibuktikan dengan keberadaan makamnya di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa.  Benteng memiliki wisata alam, religi hingga peninggalan sejarah yang sangat pantas untuk dijadikan objhek wisata unggulan,” pungkas Gunawan. (vla)

Berita Lainnya

Dikabarkan Sakit, Ipar Ridwan Mukti yang Jadi Tersangka Kasus Korupsi Batal Dilimpahkan

BENGKULU– Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Kamis (12/12) siang menerima pelimpahan kasus dugaan korupsi jalan Kepahiang tahun ...

error: Content is protected !!