Selasa , 19 November 2019
Home / Breaking News / Pertama Di Indonesia Bulog Gandeng Pemkab Kepahiang Terkait Penyediaan Kebutuhan Beras ASN

Pertama Di Indonesia Bulog Gandeng Pemkab Kepahiang Terkait Penyediaan Kebutuhan Beras ASN

MOU: Regional CEO Perum Bulog Kanwil Bengkulu, H. Defrizal, SE resmi mendatangani MoU dengan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU. (foto : arie/rb)

KEPAHIANG – Untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, khususnya beras kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan, Perum Bulog Kanwil Bengkulu menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang yang dituangkan dalam penantanganan Memorandum of Understanding (MoU). Kerjasama yang dilakukan ini merupakan yang pertama di Indonesia yang dilakukan Perum Bulog dengan pemerintah kabupaten.

Diungkapkan Regional CEO Perum Bulog Kanwil Bengkulu, H. Defrizal, SE didampingi General Manager Perum Bulog Kancab Rejang Lebong, Muhammad Ade Saputra, bahwa kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Kepahiang ini merupakan bentuk sinergitas yang dilakukan Perum Bulog dengan Pemkab Kepahiang dalam penyediaan kebutuhan pokok.

“Nantinya yang akan mengeksekusi kerjasama yang dijalin ini akan dilakukan oleh Kantor Cabang Perum Bulog Rejang Lebong dengan Korpri Kabupaten Kepahiang, melalui Koperasi Korpri Kabupaten Kepahiang,” ungkap Defrizal usai melakukan penandatanganan MoU di Aula Bappeda Kabupaten Kepahiang, Kamis (17/10).

Defrizal mengatakan, banyak manfaat yang akan didapat Pemkab Kepahiang melalui kerjasama ini. Selain dalam rangka menyukseskan program pemerintah pusat, juga dapat memberdayakan ekonomi kemasyarakatan, sehingga terwujudnya ketahanan perekonomian daerah.

“Jika program ini sudah berjalan, maka ASN dan para pensiunan tidak perlu lagi ke pasar membeli beras. Karena Bulog melalui Koperasi Korpri sudah menyediakan beras dengan kualitas yang sama dengan beras premium yang ada di pasar. Tentunya dengan harga yang relatif lebih murah. Selain itu juga para petani lokal pun, bisa menjual berasnya ke Perum Bulog dengan harga yang cukup bersaing. Hal ini tentu akan sama-sama menguntungkan bagi ASN dan para petani,” beber Defrizal.

Ia mengakui bahwa MoU dengan Pemkab Kepahiang ini merupakan yang pertama kali dilakukan antara Perum Bulog dengan Pemkab yang ada di seluruh Indonesia. Ia juga berharap kedepannya MoU ini bisa diikuti oleh kabupaten lain guna pemenuhan kebutuhan bahan pokok ASN.

“Nantinya setelah MoU ini, kita akan lakukan MoU dengan Korpri Kabupaten Kepahiang. Diketahui jumlah ASN di Kepahiang mencapai 5.000 orang da nada sekitar 10.000 pensiunan PNS. Saat ini kita masih lakukan pendataan untuk jumlah ASN yang akan menerima manfaat dari kerjasama ini” ujarnya.

Terkait kemungkinan kerjasama untuk bahan pokok lain, Defrizal mengatakan bisa saja terjadi. Namun yang paling difokuskan terlebih dahulu saat ini adalah kebutuhan pokok beras. “Bisa saja kedepannya diikuti dengan kebutuhan lain. Namun saat ini kita fokus dulu pada kerjasama pemunuhan kebutuhan beras. Beras kita adalah beras premium dengan harga Rp 55.000 untuk setiap kemasan 5 kg. Dan penjualan beras komersil kita ini sejauh ini sangat diminati, bahkan realisasinya terbaik se Indonesia,” jelasnya.

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU menyambut baik kerjasama yang dilakukan dengan Perum Bulog ini. Bupati bahkan sangat mendukung dan menyarankan secepatnya Korpri Kepahiang bisa mengikuti tahapan kerjasama dengan Perum Bulog Kacab Rejang Lebong.

“Tentunya kita sangat mendukung program ini, hal ini terlihat kita sangat terbuka dengan kerjasama ini. Korpri kita kan sudah memiliki koperasi, dan koperasi itu bisa memanfaatkan kerjasama dengan Bulog ini dalam pemenuhan kebutuhan beras ASN. Ini pun tentunya akan memberikan keuntungan juga untuk Korpri kedepannya,” demikian Bupati. (sly/prw)

Berita Lainnya

Tersandung Kasus Sabu, ASN Pemkab Kepahiang Diciduk Polda Beserta Bidan Honor dan Pengajar Bahasa

BENGKULU– Direktorat Narkoba Polda Bengkulu menciduk tiga perempuan Minggu (17/11) sekitar pukul 23.45 WIB. Ketiganya ...

error: Content is protected !!