Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Kaur / Bantuan Operasional Pendidikan Tahap II Bakal Telat

Bantuan Operasional Pendidikan Tahap II Bakal Telat

KOTA BINTUHAN – Pencairan dana bantuan operasional pendidikan (BOP) tahap II bakal telat. Sudah pertengahan Oktober pemerintah pusat belum juga mentransferkan dana tersebut ke kas daerah (Kasda). Idealnya dana ini sudah mulai didistribusikan bulan Oktober dan paling lama November ke 157 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penyebabnya, Dispendik Kaur belum menyampaikan laporan realisasi penggunaan BOP tahap pertama dari lembaga PAUD tersebut. Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur berharap Dispendik segera mengumpulkan laporan realisasi BOP ini.

“Untuk BOP tahap pertama sebesar 50 persen sudah kita realisasikan. Namun untuk tahap kedua ini belum, karena belum masuk dananya dari pusat ke kasda. Dan salah satu penyebabnya karena laporan realisasi penggunaan belum rampung. Untuk itu kita imbau PAUD melalui Dispendik dapat menyelesaikan laporan tahap pertama,” kata Kabid Anggaran BKD Kaur Irpilisisman.

Untuk tahun 2019 ini BOP PAUD di Kaur sebesar Rp 1,7 miliar untuk 157 PAUD. Besaran BOP yang diterima setiap PAUD tergantung dengan jumlah murid. Setiap muridnya mendapatkan BOP Rp 600 ribu. Berdasarkan data, untuk Kecamatan Nasal ada 17 PAUD yang mendapatkan bantuan.  Kecamatan Maje ada 20 PAUD, Kaur Selatan 16 Paud, Kecamatan Tetap 9 PAUD. Kecamatan Semidang Gumay dan Kaur tengah masing-masing sembilan PAUD, Kecamatan Muara Sahung enam PAUD.

Kecamatan Kinal ada tujuh PAUD, Kecamatan Luas dan Lungkang Kule masing-masing 6 PAUD. Kecamatan Pagulir 5 PAUD, Kecamatan Tanjung Kemuning 21 PAUD. Sementara Kecamatan Kelam Tengah 10 PAUD dan Kaur Utara ada 11 PAUD. Setiap Paud menerima bantuan mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta. “Yang pasti untuk penggunaan anggaran BOP sudah ada petunjuknya. Sehingga laporan penggunaannya pun tidak akan begitu susah. Kita harapkan setelah dana BOP tahap kedua masuk akan kita sampaikan untuk pengajuan segera. Karena mengingat tahun anggaran 2019 hanya tinggal beberapa bulan lagi,” pungkas Kabid Anggaran BKD Kaur. (cik)

Berita Lainnya

Jadi Pjs Kades, Guru Tak Dapat TPG

KOTA BINTUHAN-  Rabu (11/12) mendatang, sebanyak 39 kades di Kaur berakhir masa jabatannya. Dengan itu, ...

error: Content is protected !!