Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Data Pemilik Mobil Dinas Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal

Data Pemilik Mobil Dinas Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal

KEPAHIANG – Guna melakukan penertiban atas aset daerah, mobil dinas (mobnas) bantuan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kepahiang akan melakukan pendataan pemilik mobnas tersebut. Pemkab mendapatkan informasi bahwa ada beberapa mobnas KPDT yang menunggak pajak.

Diungkapkan Kepala Diskominfo Statistik Kepahiang, Kushadi Cahyadi, S.IP, pihaknya sudah memulai langkah melakukan pendataan kepemilikan dan administrasi dari mobnas yang dipegang oleh beberapa mantan kepala desa  di Kabupaten Kepahiang.

“Pendataan sudah kita lakukan dengan melakukan pengecekan di beberapa kelompok yang menerima bantuan mobnas KPDT dan para mantan kades yang memegang mobnas tersebut. Pengecekan ini guna mengetahui administrasi atas asset tersebut. Jikalau kita temukan pelanggaran administrasi, kita akan tarik mobnas tersebut dari tangan pemakainya,” tegas Kushadi

Ia mengatakan, sejak awal pekan ini pihaknya sudah mulai melakukan pendataan terhadap 36 unit mobnas KPDT di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kepahiang. Selain melakukan pendataan administrasi, Diskominfo Statistik juga akan melakukan pengecekan atas pajak kendaraan. Karena sesuai aturan yang ada, bahwa pajak kendaraan dan operasional ditanggung oleh pemakai mobnas.

“Sejauh ini baru 1 unit mobnas yang kita sita karena terindikasi disalahgunakan fungsinya sebagai kendaraan pribadi. Perlu diketahui, kendaraan tersebut dipinjamkan sebagai operasional kelompok tani dalam menjalankan peran dan tugasnya dalam peningkatan kualitas pertanian daerah,” jelas Kushadi.

Selain akan melakukan pengecekan administrasi dan pajak, Diskominfo Statistik juga akan melakukan pengecekan dokumen kendaraan, guna mengantisipasi terjadinya pindah tangan atas unit kendaraan milik Negara tersebut. “Kendaraan tersebut dipinjamkan kepada kelompok tani untuk operasional. Diluar itu maka kendaraan tidak boleh dipergunakan, apalagi dipindahtangankan. Sesuai aturannya, kita akan tarik kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya,” kata Kushadi.(sly)

Berita Lainnya

Komunikasi Informasi Konsolidasi Ke Dewan Pers

KEPAHIANG – Dinas Kominikasi Informasi Persandian dan Statistik Kepahiang, beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke ...

error: Content is protected !!