Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Empat Tahun TPKD Nihil Anggaran

Empat Tahun TPKD Nihil Anggaran

PELABAI – Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez, SH, M.Kn mengkritik agar Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) profesional dalam menyusun anggaran tahun 2020. Dimintanya tahun depan, TAPD menganggarkan dana untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lebong. Soalnya sejak 4 tahun terakhir, Tim Pengentasan Kemiskinan Daerah (TPKD) Kabupaten Lebong tidak diberikan anggaran.

Tak heran, permasalahan kemiskinan di Kabupaten Lebong tidak pernah tuntas karena benar-benar mengandalkan bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Itu karena Pemkab terkesan tidak peduli dengan nasib warga miskin di Kabupaten Lebong. Sementara ada 13 ribuan warga miskin di Kabupaten Lebong yang butuh perhatian pemerintah. ‘’Tolak ukur garis kemiskinan sesuai kebijakan tahun 2018 adalah warga yang pengeluarannya di bawah Rp 389.973 per kapita per bulan,’’ terang Wabup.

Ia berani mengatakan perhatian Pemkab Lebong sangat kurang terhadap warga miskin karena tidak ada program khusus daerah yang serius mengentas masalah kemiskinan. Pemkab Lebong hanya sibuk menghabiskan anggaran untuk pembangunan fisik dan kebutuhan pegawai. Dicontohkannya, anggaran untuk Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) 3 tahun terakhir menembus angka Rp 100 miliar. ‘’Begitu juga perjalanan dinas seluruh OPD (organisasi perangkat daerah, red), menembus angka seratus miliar rupiah setahun,’’ papar Wabup.

Di sisi lain, Wabup meminta TAPD juga memperhatikan aspek peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Sejauh ini tidak ada pemberian pelatihan khusus keterampilan kepada para remaja yang putus sekolah atau pengangguran. Bahkan seharusnya Pemkab Lebong sudah harus punya Balai Latihan Kerja (BLK) agar bisa melatih masyarakat usia produktif memiliki keterampilan.

‘’Kemiskinan biasanya sejalan dengan tingginya angka pengangguran, saya yakin tingkat pengangguran di Lebong juga tinggi,’’ tandas Wabup.(sca)

Berita Lainnya

Lelang Direktur PDAM Diundur 2020

PELABAI – Lelang jabatan Direktur PDAM Tirta Tebo Emas (TTE) Kabupaten Lebong diundur 2020. Itu ...

error: Content is protected !!