Kamis , 14 November 2019
Home / Daerah / Kaur / Kejar Pencairan Dana Desa Tahap Tiga

Kejar Pencairan Dana Desa Tahap Tiga

DATANGI: Para kades mulai ramai datang ke Dinas PMD untuk pengajuan pencairan DD tahap ketiga tahun 2019. (foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Setelah masuknya dana desa (DD) tahap ke tiga sebesar Rp 58 miliar ke kasda beberapa hari yang lalu. Saat ini nampak para kepala desa dari berbagai kecamatan mulai berdatangan ke Pondok Pusaka. Mereka mengurusi pencairan DD ke  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur.

Setelah mendapatkan persetujuan pencairan dari Dinas PMD, mereka langsung mendatangi Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur. Untuk pengajuan SP2D pencairan DD ke Bank Bengkulu. Syarat yang harus dipenuhi oleh kades dalam pencairan DD tahap ke tiga ini adalah laporan realisasi DD tahap I dan II.

Para kades dalam satu kecamatan datang berombongan. Salah satunya Rabu (17/10) dari kecamatan Padang Guci Hilir dan Maje.

“Hari ini kita sengaja ke PMD untuk mengajukan SPj DD tahap pertama dan kedua untuk pencairan DD tahap ketiga. Karena kalau akhir Oktober nantinya ditakutkan musim hujan, sehingga kegiatan yang dilaksanakan bisa tidak sesuai. Makanya jauh hari kita ingin realisasi DD ini selesai tepat waktu tahun ini juga selesai,” kata Plt Kades Guru Agung I Kecamatan Kaur Utara Hendri.

Sementara itu dari pantauan RB, Dari 192 desa di Kaur yang sudah merealisasikan DD tahap ketiga sebanyak tujuh desa. Yaitu Desa Gedung Wani dan Gramat Kecamatan Kinal, Manau Sembilan I Kecamatan Pagulu.

Padang Panjang Semidang Gumay, Desa Muara Sahung Kecamatan Muara Sahung. Dan dua lagi adalah Desa Benteng Harapan dan Sinar Mulya Kecamatan Maje.

Dan DD tahap ketiga yang sudah terserap hingga kemarin baru Rp 2,1 miliar dari total DD tahap ketiga Rp  58,5 miliar lebih. Dengan masih banyaknya desa yang belum mengajukan pencairan, pihak BKD Kaur mengimbau agar desa secepatnya mengajukan. Karena DD ini harus terserap 100 persen pada akhir tahun 2019 yang akan datang.

“Kita imbau kepada kades dan plt kades untuk segera mengajukan pencairan. Mengingat sisa tahun 2019 hanya beberapa bulan lagi. Sementara untuk pencairan tahap ketiga harus ada laporan penggunaan DD tahap pertama dan kedua,” pungkas Kabid Anggaran BKD Kaur Irpilisisman kepada RB. (cik)

Berita Lainnya

Pelamar CPNS Masih Kosong

KOTA BINTUHAN –  Hari pertama pendaftaran CPNS secara online di Kabupaten Kaur, belum ada satu ...

error: Content is protected !!