Jumat , 6 Desember 2019
Home / Berita utama / KemenPAN-RB Setuju 40 Formasi Tes CPNS

KemenPAN-RB Setuju 40 Formasi Tes CPNS

Rohidin Mersyah

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan tidak seluruh usulan formasi CPNS dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) disetujui oleh KemenPAN-RB. Ada sekitar kurang lebih 40 formasi yang diberikan Kemenpan-RB kepada Pemprov Bengkulu, dari usulan 52 formasi CPNS.

“Informasi terbaru yang saya terima dari BKD yang ikut rakor di kementerian, ada sekitar 40 formasi untuk tambahan pegawai di lingkungan Pemprov yang diberikan KemenPAN-RB kepada kita (provinsi, red),” kata Rohidin.

Lanjut Rohidin, formasi CPNS yang diberikan KemenPAN-RB adalah benar-benar yang sangat dibutuhkan oleh Pemprov Bengkulu. Pemprov sendiri akan menyiapkan anggaran pelaksanaan tes CPNS dan P3K yang rencananya akan digelar awal tahun. “Kita siap alokasikan anggaran untuk pelaksanaan tes CPNS, karena pemprov memang masih memerlukan tambahan tenaga pegaewai khususnya tenaga tertentu,” tegas Rohidin.

Bila tidak ada perubahan jadwal, pendaftaran tes CPNS dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan dibuka November ini. Berdasarkan jadwal yang sudah dirilis KememPAN-RB, pengumuman hasil seleksi administrasi pada Desember. Kemudian masa sanggah dan pengumunan jadwal SKD bulan Januari. Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, peserta tes CPNS masih harus mengikuti tahapan tes SKD dan SKB. Pelaksanaan SKD dijadwalkan di bulan Februari, dan pengumuman hasilnya Maret. Sedangkan pelaksanaan tes SKB dijadwalkan juga pada bulan Maret.

“Kita mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengikuti tes, mulailah belajar dari sekarang. Tidak ada yang bisa membantu kecuali kita sendiri. Selain belajar juga jangan lupa berdoa. Jangan percaya dengan orang yang bisa menjanjikan kelulusan,” imbuh Rohidin.

Usulan formasi tambahan tenaga pegawai ini meliputi 70 persen untuk tenaga P3K, dan 30 persen CPNS, sesuai dengan pembagian kuota dari pusat. Untuk tenaga guru diusulkan seluruhnya melalui rekruitmen tenaga P3K, yaitu diantaranya ada guru penjas, seni, agama, matematika, dan TIK. Lalu tenaga dokter spesialis juga diusulkan melalui formasi CPNS dan tenaga P3K, seperti spesialis jantung, kardiovaskular, anak, kulit dan kelamin, mata, dan paru. Juga ada tenaga teknis yang benar-benar dibutuhkan, seperti teknologi informasi, planologi, teknik informatika, teknik jaringan komputer.

“Untuk formasi yang disetujui, BKD yang lebih tahu persisnya. Nanti akan diumumkan secara resmi oleh BKD setelah formasi CPNS resmi diterima dari KemenPAN-RB,” demikian Rohidin. (key)

Berita Lainnya

PLTU Bengkulu Tidak Mencemari Lingkungan Kelurahan Teluk Sepang

BENGKULU- Adanya isu penolakan atas keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu 2×100 MW yang ...