Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Antisipasi Musim Hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siapkan Perahu

Antisipasi Musim Hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siapkan Perahu

SIAP DIGUNAKAN: Perahu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Tengah (Benteng) siap digunakan jika ada ancaman banjir di Kabupaten Benteng, (foto: fintah/rb)

BENTENG – Mengantisipasi musim hujan yang diperkirakan mulai terjadi pada November ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), mulai mempersiapkan sarana yang berhubungan dengan antisipasi dan tanggap darurat bencana akibat musim hujan, yakni bencana banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Bengkulu Tengah, Samsul Bahri, S.Pd, MM menjelaskan, untuk beberapa sarana tanggap darurat jika ada bencana banjir, pihaknya memiliki beberapa perahu. Hal tersabut nantinya bisa digunakan untuk evakuasi ataupun menyampaikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. “Untuk mobilisasi sangat diperlukan ketika ada kejadian banjir,” kata Samsul, Minggu(20/10).

Untuk itu, sarana tersebut termasuk juga perahu karet sudah dipersiapkan dan disiagakan di posko penanggulangan bencana. Jika sewaktu-waktu diperlukan maka siap untuk dibawa kemanapun. Sedangkan petugas dalam menghadapi kemungkinan bencana alam lainnya,

Samsul memastikan, sudah menyiagakan terutama Taruna Siaga Bencana (Tagana) di setiap desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Saat ini informasi terus disampaikan oleh seluruh Tagana, dan juga BPBD Bengkulu Tengah terus berkoordinasi dengan pemerintahan desa serta instansi terkait lainnya.

Tujuannya, jika ada kejadian bencana bisa cepat ditanggapi terutama untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak bencana alam. Karena, Kabupaten Bengkulu Tengah termasuk yang rawan bencana, baik itu banjir, tanah longsor serta bencana alam lainnya yang sudah pernah terjadi dan banyak merugikan.

“Kewaspadaan juga diutamakan, agar tidak ada warga yang menjadi korban ketika ada kejadian bencana,” demikian Samsul. (vla)

Berita Lainnya

Pemerintah Harus Jaga Masyarakat dari Kisruh Tambang

BENTENG – Polemik di tambang Bara Mega Quantum (BMQ) yang masih belum selesai dengan baik ...

error: Content is protected !!