Rabu , 11 Desember 2019
Home / Probis / Pertama Kali Pesan Tiket Online? Ini 5 Cara Menggunakan E-Ticket Pesawat Terbang

Pertama Kali Pesan Tiket Online? Ini 5 Cara Menggunakan E-Ticket Pesawat Terbang

ilustrasi (ist/rb)

Hari gini enggak membeli barang atau tiket secara online. Bagi kamu yang kurang update, ini cara menggunakan E-Ticket pesawat terbang.  Kamu terbiasa memesan tiket pesawat terbang via telepon atau datang langsung ke kantor maskapai penerbangan? Aduh, tampaknya kamu sudah ketinggalan zaman, deh. Sekarang, hampir semua bisa dibeli secara online.

Bahkan, sekarang sudah banyak OTA (Online Travel Agent) yang menawarkan mulai dari tiket pesawat terbang hingga karcis masuk obyek wisata. Jadi, kamu tak perlu lagi beli atau antre on the spot. Bagi kamu pengguna OTA baru, pastinya bingung untuk memesannya. Terlebih lagi, kamu tidak mendapatkan tiket fisik, alias hanya dapat E-Ticket untuk penerbangan. Lalu, bagaimana cara menggunakannya, ya?  Malu bertanya sesat di jalan. Malas membaca bisa mendapatkan masalah. Berikut ini, beberapa informasi terkait penggunaan E-Ticket pesawat terbang bagi pemula. Siapa tahu berguna untuk kamu yang gengsi bertanya.

Pesan dan bayar tiket dulu di OTA terpercaya

Sebelum mendapatkan E-Ticket, pastikan kamu sudah memesan tiket penerbangan dengan tepat. Maksudnya, kamu harus melengkapi data-data yang harus diisi pada OTA. Misalnya, kamu memesan tiket pesawat ke Bali pada jadwal yang sudah dipilih. Kamu harus melengkapi nama lengkap, nomor kartu identitas, dan tanggal lahir. Jika kamu membelikan orang lain pun, data-datanya harus dilengkapi. Jangan sampai tidak. Ini terkait asuransi dan sebagainya.

Kamu bisa memesan tiket ke Bali tersebut dari situs online atau aplikasi masakapai penerbangan langsung. Bisa juga melalui OTA terpercaya, seperti Traveloka. Kamu tinggal search tiket Traveloka ke Bali. Pasti akan muncul sejumlah pilihan jadwal penerbangan dan maskapai.

Beri alamat email dan juga nomor telepon yang benar

Perlu kamu ketahui, setelah memesan tiket pesawat terbang secara online, kamu akan mendapatkan E-Ticket. Biasanya, akan dikirim via email dalam bentuk file PDF. Kode booking pun akan dikirim via SMS. Untuk itu, email dan nomor telepon yang kamu berikan harus akurat.

Lalu, apa saja yang terdapat di dalam E-Ticket? Dalam, E-Ticket itu terdapat sejumlah informasi, seperti nama maskapai, kode booking, detail penerbangan, dan detail data penumpang. Ada juga gambar yang bisa di-scan.  Keunggulan dari E-Ticket ini adalah tak mungkin hilang. Ini karena detail informasinya masih ada di dalam email dan juga SMS.

Lebih baik print E-Ticket sebelum keberangkatan

Untuk mempermudah proses check-in, kamu sebaiknya print E-Ticket sebelum keberangkatan. Jadi, tak perlu lagi repot mencari email yang mungkin sudah tertumpuk ketika berada di bandara. Sebaiknya, print E-Ticket di atas kertas A4. Ini dijadikan sebagai dokumen pribadi ketika berada di bandara. Untuk masuk ruang check-in pun, kamu harus menggunakan E-Ticket yang sudah di-print tersebut.

Siapkan kartu identitas bersama E-Ticket

Walau punya E-Tikcet, kamu tak akan bisa masuk ruang check-in di bandara tanpa ada kartu identitas. Oleh sebab itu, saat antre masuk kamu sediakan E-Ticket yang sudah di-print dan juga KTP, SIM, atau paspor. Ini akan mempercepat antrean. E-Ticket ini hanya berguna hingga ruang check-in. Ketika kamu check-in petugas bandara akan memberikan lagi boarding pass. Ini yang nantinya akan dibawa kamu hingga bandara tujuan.

Jangan berikan E-Ticket ke bukan penumpang

Untuk mengurangi risiko terjadinya penyalahgunaan, kamu sebaiknya tidak membagikan E-Ticket ke orang lain selain yang namanya terdaftar. Siapa tahu ada orang yang berniat jahat untuk menipumu.  Ingat bahwa E-Ticket ini adalah dokumen pribadi. Jangan sampai ada informasi pribadi yang keluar ke publik.  Sekarang, kamu sudah tahu, kan, cara menggunakan E-Ticket yang tepat. Siap pesan tiket online dan liburan, yuk! (rls)

Berita Lainnya

Sadakah Online Baznas-BI, Sudah 34 Transaksi

BENGKULU – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Bengkulu bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi ...

error: Content is protected !!