Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa

Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa

Gianto

MUKOMUKO – Tidak hanya Pilkada yang bakal digelar di Kabupaten Mukomuko tahun depan. Tapi juga akan dibentang pemilihan kepala desa serentak.

Menyikapi Pilkada itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Mukomuko akan gelar sosialisasiPemilihan Kepala Desa serentak tersebut. Target kegiatan sosialisasi, masyarakat dan perangkat desa penyelanggara Pemilihan Kepala Desa.

“Kami usul anggaran sosialisasi Pemilihan Kepala Desa serentak di APBD Perubahan ini. Tujuan kegiatan sosialisasi, untuk memberikan pengetahuan tentang aturan dan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Mukomuko, Gianto, SH, M.Si.

Sebanyak 47 desa yang akan ikut Pemilihan Kepala Desa serentak tahun depan. Sedangkan gelaran Pemilihan Kepala Desa diperkirakan sekitar Mei atau Juni tahun 2020. Jadi masih ada waktu untuk mematangkan persiapan masyarakat dan perangkat desa melaksanakan Pemilihan Kepala Desa.

Pemerintahan desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa serentak diminta harus tahu apa saja yang dipersiapkan. Mulai dari daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap, hingga penerimaan pendaftaran calon kepala desa.

“Kami mengusul anggaran Pemilihan Kepala Desa serentak 47 desa tersebut, sebesar Rp 800 juta. Ini sebagian guna operasional panitia Pilkades tingkat desa,” ujar Gianto.

Direncanakan lanjut Gianto, Pemkab memberi bantuan dana operasional untuk panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Desa tingkat desa yang besarannya Rp 9 juta hingga 10 juta per desa. Sebagian lagi anggaran untuk operasional panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Desa tingkat kabupaten dan kecamatan.

Kemudian untuk berbagai kegiatan menjelang dan setelah Pemilihan Kepala Desa serentak untuk hemat anggaran, pihaknya akan gunakan logistik Pemilihan Kepala Desa yang lama. “Seperti kotak suara dan bilik suara. Kalau logistik Pemilihan Kepala Desa serentak ini kurang, kami berencana pinjam logistik yang ada di KPU,” jelasnya.(hue)

Berita Lainnya

Bangun Gedung Olahraga, Kuras Dana Alokasi Khusus Rp 12,8 Miliar   

MUKOMUKO – Tahun 2020 Mukomuko akan bangun Gedung Olahraga refresentatip. Untuk merealisasikan venue olahraga itu, ...

error: Content is protected !!