Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Verifikasi Penerima Bantuan Sosial di 3 Kecamatan

Verifikasi Penerima Bantuan Sosial di 3 Kecamatan

Zulfan Effendi

CURUP – Hingga saat ini, Dinas Sosial (Disnsos) Kabupaten Rejang Lebong (RL) masih terus melakukan penuntasan verifikasi dan Validasi (Verval) untuk penerima bantuan sosial pemerintah. Saat ini kegiatan Verval untuk Basis Data Terpadu (BDT) ini masih menyisakan tiga kecamatan lagi.

Dijelaskan Kepala Dinas (kadis) Sosiali Kabupaten Rejang Lebong Zulfan Effendi, SE, MM kepada RB, masing-masing Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Kota Padang, serta Kecamatan Curup. Hanya saja untuk Kecamatan Curup tinggal dua kelurahan saja yang belum tuntas dan saat ini masih berlangsung. ‘’Kalau yang belum sama sekali, adalah Kecamatan PUT dan Kota Padang. Karena kita masih akan merampungkan dulu untuk wilayah Kecamatan Curup,’’ terang Zulfan.

Ditargetkan, sambung Zulfan, Verval untuk BDT tersebut diupayakan sudah selesai seluruhnya dalam tahun 2019 ini atau paling lambat pada Desember 2019 mendatang. Selanjutnya hasil verval tersebut akan dirilis sebagai data terbaru untuk realisasi bantuan sosial tahun anggaran selanjutnya.

‘’Verval ini dilakukan masing-masing TKSK (tenaga kerja sosial kecamatan, red) bersama pendamping PKH (Program Keluarga Harapan, red) dengan dibantu atau dikawal anggota Polri dan TNI. Karena memang luasan wilayah masing-masing kecamatan cukup luas. Ditambah lagi jumlah yang akan diverval mencapai 14.000 jiwa.

‘’Setelah verval selesai, selanjutnya diunggah di server BDT Kementerian Sosial oleh operator yang jumlahnya tidak sampai 10 orang. Tapi meskipun dengan kondisi tersebut, kita tetap menargetkan dan mengupayakan verval tuntas keseluruhan sebelum tahun 2020. Jadi nanti data tahun 2020 sudah data terbaru,’’ imbuh Zulfan.(dtk)

Berita Lainnya

Bunda Paud Rejang Lebong Terima Penghargaan Nasional

CURUP – Kabar gembira datang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) ...

error: Content is protected !!