Sabtu , 16 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 120 Kepala Sekolah Terima Sertifikat Nomor Unik Kepala Sekolah

120 Kepala Sekolah Terima Sertifikat Nomor Unik Kepala Sekolah

Noprianto

CURUP –120 guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai yang mengikuti Pendidikan dan Latigan penguatan Kepsek 11-17 Oktober 2019 lalu. Seluruhnya dinyatakan lulus. Selain itu mereka juga berhak mendapatkan sertifikat Nomor Unik Kepala Sekaloha.

Dijelaskan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Drs. Noprianto, MM, dari 120 orang kepsek tersebut, terbanyak adalah Kepala SD berjumlah 89 orang. Lalu Kepala SMP 25 orang ditambah Kepala TK sebanyak 6 orang. ‘’Kita sangat bersyukur dan Alhamdulillah 120 orang yang ikut seluruhnya dinyatakan lulus dan mendapatkan NUKS,’’ terang Nopri.

Dengan begitu, lanjut Nopri, total keseluruhan guru dan kepsek di Rejang Lebong saat ini yang sudah memiliki NUKS 190 orang. Karena sejak diberlakukannya kepsek wajib memiliki NUKS sebagai syarat untuk menjabat tahun 2014 lalu, sudah ada 70 guru maupun kepsek yang memiliki NUKS. Ditambah yang baru lulus diklat penguatan kepsek sebanyak 120 orang.

‘’Jika tidak lulus diklat dan tidak mendapatkan Sertifikat Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS), maka kepsek yang sedang menjabat terancam dicopot dari jabatannya. Makanya ini sifatnya wajib dan sudah diberlakukan sejak tahun 2014 lalu. Kita akan terus berupaya seluruh kepala sekolah yang menjabat bisa mendapatkan NUKS,’’ lanjut Nopri.

Ditambahkan Nopri, bagi guru yang belum cakep juga harus mengikut Diklat sebagai syarat untuk diangkat menjadi kepsek. Namun nama programnya beda, yaitu Diklat Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) yang biasa setiap tahun dilaksanakan bisa menggunakan APBD murni atau mandiri serta APBN.

‘’Pelaksanaannya biasanya menggunakan dana APBN dengan kuota yang sangat terbatas. Tahun ini kabupaten/kota Seprovinsi Bengkulu tidak ada yang dapat kuota. Terakhir tahun 2018 kita dapat kuota 20 orang plus kuota tambahan 16 orang atau total 36 orang. Sedangkan tahun 2017 lalu kita juga dapat kuota satu kelas sebanyak 20 orang tanpa adanya kuota tambahan,’’ imbuh Nopri. (dtk)

Berita Lainnya

Delapan Kandidat Adu Visi Misi

CURUP – Bertempat di Hotel Golden Rich, kemarin delapan calon bupati yang ikut penjaringan dan ...

error: Content is protected !!