Sabtu , 16 November 2019
Home / Breaking News / Polisi Lidik Dugaan Penggelapan Silpa Dana Desa Tangga Batu   Rp 300 Juta

Polisi Lidik Dugaan Penggelapan Silpa Dana Desa Tangga Batu   Rp 300 Juta

Kasat Reskrim, AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik.

SELUMA– Unit Tipikor Satreskrim Polres Seluma mulai melakukan penyelidikan dugaan penggelapan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) Dana Desa (DD) tahap 3 Desa Tangga Batu, Kecamatan Seluma Selatan tahun 2018. Saat ini tim penyidik Tipikor melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait dugaan penggelapan tersebut.

‘’Ya, kita baru pulbaket atas dugaan perkara ini. Beberapa saksi telah kita panggil untuk dimintai keteranganSilpa DD Tangga Batu Tahun 2018,’’ terang Kapolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim, AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik.

Dijelaskan Rizka, penyelidikan yang dilakukan pihaknya ini menanggapi laporan masyarakat yang telah disampaikan ke Mapolres Seluma. Sehingga sebagai tindak lanjutnya, pihaknya langsung melakukan pulbaket dengan melakukan pemanggilan saksi juga berusaha mengumpulkan alat bukti lainya yang terkait perkara ini.

‘’Untuk saat ini kita baru sebatas pulbaket. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan Inspektorat Seluma yang membidangi perkara ini,” kata Rizka.

Dalam pengusutan perkara ini penyidik juga masih menunggu pelimpahan dari Inspektorat Seluma. Karena saat ini Inspektorat sedang menggupayakan mediasi ke pihak desa, agar temuan penggunakan Silpa DD tahap 3 tahun 2018 dapat dikembalikan oleh pihak desa.

‘’Jadi kita tunggu saja upaya yang dilakukan Inspektorat. Jika nanti menemui jalan buntu, kami harap Inspektorat segera melimpahkan perkara ini agar kami proses secara hukum,’’ sampai Rizka.

Untuk diketahui dari hasil audit yang dilakukan tim auditor Inspektorat Seluma terhadap realiasasi DD Tangga Batu tahap 1 tahun 2019, terdapat temuan silpa DD tahap 3 tahun 2018 sebesar Rp 303 juta. Dana tersebut seharusnya direalisasikan dalam DD tahap I, tapi tidak dilaksanakan. Malahan silpa tersebut telah habis oknum perangkat desa.(aba)

Berita Lainnya

207 Warga Digigit Hewan Rabies

SELUMA – Setidaknya ada 207 warga di Kabupaten Seluma kena gigitan hewan penyebab rabies (HPR) ...

error: Content is protected !!