Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Ditegur Dinas Lingkungan Hidup, Pagar Galian C Dibongkar

Ditegur Dinas Lingkungan Hidup, Pagar Galian C Dibongkar

PELABAI – Keluhan masyarakat soal pagar tambang galian C di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang yang sengaja dipasang di bahu jalan lintas Muara Aman-Curup, direspon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemkab Lebong meminta Hd (55), pemilik tambang membongkar pagar seng yang dinilai membahayakan pengendara itu. ‘’Kami sudah meminta agar pemilik tambang membongkar pagar itu dan informasinya sudah dibongkar sebagian,’’ kata Kepala DLH Kabupaten Lebong, Zamhari, SH, MH.
Tidak hanya itu, DLH juga meminta pemilik tambang batu sungai itu tidak menumpuk material tambang di tepi badan jalan. Walaupun materi tambang itu masih dalam lahan tambang, namun posisinya terlalu dekat dengan badan jalan sehingga tidak aman bagi pengguna jalan. Jika pihak penambang tidak memindahkan material, DLH tidak akan mengeluarkan rekomendasi perpanjangan Izin Usaha Pertambangan (IUP). ‘’Kami minta pemilik tambang bersikap kooperatif kalau mau mendapatkan rekom izin,’’ terang Zamhari.
Terpisah, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, H. Mustarani, SH, M.Si mengingatkan seluruh pemilik tambang galian C yang ada di Kabupaten Lebong menaati aturan. Khususnya aturan yang berkaitan dengan lingkungan, antara lain Analisis Dampak Lingkungan Hidup (Amdal). ‘’Kami sangat mendukung langkah Polres Lebong menindak para penambang yang tidak mengantongi izin. Kami harap seluruh tambang galian C yang ada di Lebong yang belum punya izin segera mengurusnya,’’ tukas Mustarani.
Sementara Hd belum bisa dikonfirmasi. Pantauan RB, pagar tambang berupa seng untuk atap rumah yang dibongkar pemilik tambang hanya untuk titik yang masuk ke badan jalan sepanjang 30 meter. Sementara sebagian lagi, pagarnya masih berdiri karena pemilik tambang mengklaim sudah di luar batas kewenangan jalan alias masih dalam kawasan lahan tambang. (sca)

Berita Lainnya

Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

PELABAI – Kekosongan jabatan pimpinan di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara pascaditahannya DC (38) ...

error: Content is protected !!