Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Kemenag Bengkulu Utara Buka Pendaftaran 100 Penyuluh Agama Islam

Kemenag Bengkulu Utara Buka Pendaftaran 100 Penyuluh Agama Islam

ARGA MAKMUR–  Kantor Kemenag Bengkulu Utara akan merekrut Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS dengan masa bhakti empat tahun. Mereka akan disebar di kecamatan dan desa di Bengkulu Utara sebagai pembimbing dan penyuluh keagamaan.  Kepala Kemenag Bengkulu Utara Heriansyah, S.Ag, MH.i menuturkan jika penyuluh agama saat ini akan direkrut selama empat tahun untuk tahun 2020 hingga 2024.

“Jadi penempatannya akan akan kita sesuaikan dengan kebetuhan. Dari 100 penyuluh agama yang sudah ada, ada yang sudah berhenti sehingga terjadi kekosongan,” terangnya.

Penyuluh agama Islam harus mengikuti tahapan seleksi mulai dari tes tertulis hingga tes wawancara. Bukan hanya penyuluh agama yang baru, penyuluh agama yang sudah bertugas 2017-2019 juga akan diseleksi untuk memastikan keilmuannya masing-masing.  “Penyuluh agama ini sangat penting, karena mereka kita harapkan menjadi tempat masyarakat bertanya dan berbincang tentang keagamaan,” imbuhnya.

Penyuluh agama juga dinilai bisa menghindari masuknya paham-paham atau aliran keagamaan yang menyimpang. Sehingga masyarakat bisa beertanya seputar agama Islam pada penyuluh agama yang harus berada atau setidaknya rutin datang ke desanya masing-masing.  Jadi memang perannya sangat penting. Karena PAI ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seputar keagamaan. Termasuk mengantisipasi masuknya paham-paham terlarang di desa-desa,” pungkas Heriansyah. (qia)

Berita Lainnya

Kembangkan Sumber Daya Manusia Desa

ARGA MAKMUR – Selain menyelesaikan pelaksanaan Dana Desa tahap tiga yang kini masih berjalan, 215 ...

error: Content is protected !!