Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Mulai Bahas Raperda Inisiatif

Mulai Bahas Raperda Inisiatif

KEPAHIANG – Jika tidak ada kendala, DPRD Kabupaten Kepahiang mengagendakan rapat paripurna penyampaian nota pengantar rancangan peraturan daerah (Raperda) atas inisiatif DPRD dan Raperda atas Usulan Eksekutif. Paripurna itu mulai digelar pekan depan. Namun sebelum itu, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kepahiang, terlebih dahulu akan melaksanakan rapat bersama dengan eksekutif.

Diungkapkan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepahiang, Drs. H.M. Tobhari Mu’ad, SH, MH, sebelum diusulkan dalam rapat paripurna, Bapemperda bersama dengan eksekutif akan melaksanakan rapat lebih dulu. Hal ini berkaitan dengan sejumlah rancangan peraturan yang akan diusulkan nantinya.

Diketahui ada 5 Raperda yang belum sempat dibahas oleh Anggota DPRD pada periode sebelumnya, yang masuk pada Prompemperda tahun 2019, diantaranya Raperda tentang Irigasi, Raperda tentang BUMD, Raperda tentang BMD. Kemudian 2 Raperda yang merupakan atas usul prakarsa DPRD Kepahiang, yakni Raperda tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, serta Raperda tentang Pendidikan Agama dan Pesantren.

“Sesuai dengan tugas dan tupoksi DPRD, kita siap membahas Rancangan Peraturan Daerah. Apa yang menjadi prioritas, nanti kita tunggu hasil Rapat Bapemperda bersama dengan eksekutif,” jelas Thobari.

Dijelaskan Tobhari, Perda memiliki beberapa fungsi seperti sebagai instrumen kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan sebagaimana amanat undang-undang.

“Selain itu, juga berfungsi sebagai penampung kekhususan dan keragaman daerah, serta penyalur aspirasi masyarakat di daerah yang peraturannya disinkronisasi dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah,” singkatnya. (sly)

Berita Lainnya

Belajar Mengidentifikasi Alam Lewat Kemah Hijau Desa Batu Ampar,

KEPAHIANG – Sebanyak 21 tim dari Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Kota Bengkulu, dan Kabupaten Lubuk ...

error: Content is protected !!