Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Rasionalisasi Anggaran, Tak Pengaruhi Tahapan

Rasionalisasi Anggaran, Tak Pengaruhi Tahapan

RAPAT: Para komisioner dan sekretariat KPU Lebong mulai membahas rasionalisasi anggaran Pilkada 2020,(foto: aris/rb).

PELAAI – BDivisi Hukum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, Devi Irawan, SH memastikan rasionalisasi anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang dikurangi hingga Rp 3,5 miliar dari usulan, tidak akan mempengaruhi tahapan. Dana senilai Rp 20 miliar yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, diklaimnya cukup untuk menyelenggarakan seluruh tahapan Pilkada. Mulai dari sosialisasi hingga pleno penetapan pasangan terpilih.

‘’Tentunya yang kami kurangi bukan tahapannya. Melainkan volume dari setiap tahapan itu. Makanya secara internal kami para komisioner dan pihak sekretariat mulai membahas apa saja pos kegiatan yang anggarannya masih bisa dikurangi,’’ kata Devi di sela rapat pembahasan rasionalisasi anggaran Pilkada 2020 di sekretariat KPU Lebong, Jumat (1/11).

Ia optimis anggaran Pilkada tidak akan kurang karena ada suntikan tambahan dari anggaran sharing yang digelontorkan Provinsi Bengkulu untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Kabupaten Lebong. Nilainya mencapai Rp 3 miliar lebih. Artinya dengan sharing itu, anggaran Pilkada di Kabupaten Lebong tetap tembus Rp 23 miliar.

‘’Sharing anggaran Pilkada dari provinsi itu akan digunakan untuk pembayaran honor penyelenggara Pemilu setingkat KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara, red) dan PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih, red). Termasuk untuk pembuatan TPS (tempat pemungutan suara, red),’’ jelas Devi.

Diketahui, dana Pilkada tahap pertama yang dianggarkan Rp 500 juta oleh Pemkab Lebong dalam APBD tahun ini akan digunakan untuk persiapan penyelenggaraan pilkada. Antara lain kegiatan sosialisasi, termasuk membentuk penyelenggara pemilu setingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), (KPPS) dan PPDP. Kekurangan anggarannya akan ditutupi melalui anggaran Pilkada tahap kedua senilai Rp 19,5 miliar melalui APBD Lebong 2020 serta sharing Rp 3 miliar akan digunakan untuk pelaksanaan seluruh tahapan.(sca)

Berita Lainnya

Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

PELABAI – Kekosongan jabatan pimpinan di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara pascaditahannya DC (38) ...

error: Content is protected !!