Rabu , 11 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / 300 Warga Bersihkan Pintu Air Induk

300 Warga Bersihkan Pintu Air Induk

SEMANGAT : Tampak masyarakat dan anggota TNI berjibaku membersihkan pintu air induk di Desa Pungguk Pedaro, Kecamatan Bingin Kuning, Minggu  (3/11),(foto: aris/rb).

BINGIN KUNING – Seiring akan masuknya masa tanam 2020, Minggu (3/11) lebih 300an warga dari 5 kecamatan gotong royong membersihkan pintu air induk di Desa Pungguk Pedaro, Kecamatan Bingin Kuning. Pembersihan pintu air induk itu bertujuan agar air irigasi persawahan masyarakat tetap mengalir lancar. ‘’Kita semua tahu, belakangan ini debit air sungai di Lebong semakin menurun seiring musim kemarau melanda,’’ kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si.

Debit air yang mengecil juga diperparah kondisi sampah yang menumpuk di beberapa pintu air sehingga semakin menyumbat aliran air. Dengan kegiatan gotong royong itu, diharap tumbuh kepedulian masyarakat untuk sama-sama menjaga ekosistem alam, khususnya air yang menjadi sumber utama penghidupan. ‘’Mudah-mudahan kalau airnya lancar, masa tanam tahun depan (2020, red) tidak menemui kendala sehingga hasil panen tetap berlimpah,’’ tukas Mustarani.

Pantauan RB, gotong royong itu juga melibatkan personel TNI dari Koramil Lebong Selatan dan anggota Polri dari Polsek Lebong Selatan. Termasuk petugas khusus dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub), Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) serta pihak Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Lebong Sakti, Kecamatan Lebong Tengah, Kecamatan Amen dan Kecamatan Lebong Utara. (sca)

Berita Lainnya

Bangunan Lapas Tunggu Kemenkumham

PELABAI – Kendati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah menyiapkan lahan seluas 6 hektare sejak tahun ...

error: Content is protected !!