Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Baru 3 Desa Usul Pejabat Sementara Kades

Baru 3 Desa Usul Pejabat Sementara Kades

Eko Budi Santoso

PELABAI – Ditundanya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak hingga tahun 2020, berdampak kekosongan jabatan kepala desa (kades) di 15 desa wilayah Kabupaten Lebong. Rata-rata desa yang seharusnya mengikuti Pilkades serentak 2019 itu, masa jabatan kadesnya akan habis paling telat Februari 2020. ‘’Dari lima belas desa, baru dua kecamatan yang mengusulkan pejabat sementara (Pjs) kades untuk tiga desa,’’ ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso, M.Eng.

Dua kecamatan itu, Kecamatan Pinang Belapis yang mengajukan Pjs kades untuk Desa Air Kopras dan Desa Ketenong I serta Kecamatan Topos yang mengajukan Pjs kades untuk Desa Talang Baru I. Sementara 8 kecamatan lainnya belum koordinasi ke PMDS terkait pengusulan Pjs kades untuk 12 desa di wilayahnya. ‘’Kami harap masing-masing kecamatan yang jabatan kades di wilayahnya telah atau akan segera habis berakhir, segera mengajukan namanya ke kami mulai besok (hari ini, red),’’ ungkap Eko.

Proses pengajuan Pjs kades yang jabatannya segera berakhir itu ditunggu PMDS paling telat Kamis (14/11). Teknis penunjukan Pjs kades akan dikuatkan melalui Surat Keputusan (SK) bupati yang didasarkan atas rekomendasi para camat bersangkutan. Khusus 3 desa yang nama Pjs kadesnya sudah diajukan pihak kecamatan, saat ini sudah mulai diproses oleh PMDS. ‘’Dalam waktu dekat akan kami usulkan ke Pemkab guna penetapan sekaligus penerbitan SK bupati,’’ jelas Eko.

Sementara 12 desa yang belum mengusulkan Pjs kades antara lain Desa Talang Ratu di Kecamatan Rimbo Pengadang, Desa Turan Tiging dan Desa Kota Donok di Kecamatan Lebong Selatan serta Desa Semelako II dan Desa Tanjung Bunga I di Kecamatan Lebong Tengah. Selanjutnya Desa Sukau Kayo di Kecamatan Lebong Atas, Desa Ladang Palembang dan Desa Kampung Dalam di Kecamatan Lebong Utara. Terakhir, Desa Suka Marga di Kecamatan Amen, Desa Embong di Kecamatan Uram Jaya serta Desa Tambang di Kecamatan Lebong Utara. (sca)

Masing-masing desa seharusnya mengikuti Pilkades serentak tahun ini. Namun karena tidak adanya pos anggaran yang bisa diplot dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, Pilkades ditunda 2020. Salah satu penyebabnya karena Pemkab Lebong memfokuskan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. (sca)

Berita Lainnya

110 Pelamar CPNS Gugur Administrasi

PELABAI – Kendati waktunya dibatasi hingga Kamis (12/12), namun Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri (CPNS) ...

error: Content is protected !!