Kamis , 23 Januari 2020
Home / Daerah / Kepahiang / Dinas Lingkungan Hidup Terapkan Jam Buang Sampah

Dinas Lingkungan Hidup Terapkan Jam Buang Sampah

Mukhtar Yatib

KEPAHIANG – Guna menekan angka aktivitas pembuangan sampah di sembarang tempat yang kerap dilakukan oleh masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang Minggu (3/11) resmi menerapkan jam pembuangan sampah, yakni mulai dari pukul 20.00 WIB malam hingga 09.00 WIB pagi.

Untuk itu dalam waktu tersebut, masyarakat diimbau untuk bisa meletakkan sampah rumah tangganya masin-masing di depan rumah, agar petugas kebersihan bisa dengan mudah melakukan pengangkutan.

“Ditetapkannya jam pembuangan sampah ini, selain untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan masyarakat, juga untuk menekan potensi konflik yang disebabkan bau dari sampah yang berserakan di lingkungan masyarakat,” jelas Kepala DLH Kabupaten Kepahiang Mukhtar Yatib, M.Pd.

Diberlakukannya jam pembuangan sampah ini, karena mobil operasional pengangkut sampah DLH Kabupaten Kepahiang hanya beroperasi dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Sehingga jika sampah yang ditumpukkan masyarakat di luar waktu yang sudah ditentukan, maka mobil pengangkut sampah baru bisa melakukan pengangkutan di keesokan harinya.

“Untuk masyarakat yang di lingkungannya sudah memiliki tong sampah atau kontainer, bisa langsung ditumpukkan sampahnya di sana. Namun bagi yang di lingkungannya belum ada kontainer sampah, maka silakan ditumpukkan di depan rumah, agar mudah diangkut oleh mobil pengangkut sampah,” jelas Mukhtar.

Untuk menjaga agar program ini berjalan sesuai harapan, DLH Kabupaten Kepahiang akan berkoordinasi dengan perangkat desa atau kelurahan setempat, guna melakukan control terhadap setiap aktivitas pembuangan sampah di lingkungannya.

“Kita juga akan lakukan koordinasi dengan kepala desa dan lurah, agar bisa menyampaikannya terkait program ini kepada masyarakatnya. Dan kita harapkan peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta menyukseskan program jam pembuangan sampah ini,” beber Mukhtar

Lebih lanjut Mukhtar mengatakan, bagi masyarakat yang melanggar jam pembuangan sampah yang telah ditetapkan, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan kesepakatan dengan perangkat desa atau kelurahan masing-masing.

“Untuk sanksinya, kita akan koordinasi lebih lanjut bersama perangkat desa dan kelurahan masing-masing. Sanksinya bermacam-macam, mulai dari teguran hingga sanksi pidana ringan,” demikian Mukhtar. (sly)

Berita Lainnya

Pendampingan Korban Asusila Sampai Remaja

KEPAHIANG – Ketua Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Provinsi Bengkulu, Rudy Rajagukguk, S.Psi, M.Si mengungkapkan perlu ...