Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Dinas Kesehatan Tambah Tiga Pos Pelayanan Terpadu

Dinas Kesehatan Tambah Tiga Pos Pelayanan Terpadu

Rachman

PELABAI – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong tahun telah menambah tiga Pos Pelayanan Terpadu. Masing-masing dua posyandu di Kecamatan Topos serta satu posyandu di Kecamatan Lebong Atas. Dengan penambahan itu, artinya Kabupaten Lebong telah memiliki 120 Pos Pelayanan Terpadu .

Jumlah itu menyebar di seluruh pelosok Lebong, yakni 93 desa dan 11 kelurahan di 12 kecamatan.

Pos Pelayanan Terpadu sebagai wadah informasi atau pendidikan kesehatan kepada masyarakat, khususnya dalam hal mencegah tumbuh kembang pada anak. ‘’Selama ini masih ada masyarakat yang tidak ke Pos Pelayanan Terpadu dengan alasan lokasinya jauh,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman, SKM, M.Si.

Dengan bertambahnya Pos Pelayanan Terpadu yang sudah menjangkau seluruh desa dan kelurahan, dipastikannya semakin memudahkan masyarakat memeriksakan bayi atau anggota keluarga yang masih balita. ‘’Tujuan utamanya, memaksimalkan tumbuh kembang balita guna menciptakan generasi penerus yang sehat. Jadi Pos Pelayanan Terpadu bukan hanya sekadar tempat untuk mendapatkan imunisasi saja, namun sebagai wadah pendidikan kesehatan masyarakat,’’ papar Rachman.

Diharapnya, para ibu hamil atau yang memiliki balita lebih rajin berkunjung ke Pos Pelayanan Terpadu. Selain belajar mengenai pemenuhan gizi seimbang balita, melalui Pos Pelayanan Terpadu diharap pelayanan kesehatan di tingkat terendah sekalipun tetap terintegrasi dengan layanan kesehatan skala nasional serta layanan sosial. ‘’Artinya permasalahan kesehatan di desa bisa cepat terpantau kabupaten maupun pusat,’’ tutup Rachman.(sca)

Berita Lainnya

Penerima 12 Ribu, Stiker Baru Seribu

PELABAI – Dari 12.351 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Sosial (Bansos) di Kabupaten Lebong ...

error: Content is protected !!